Pesawat Luar Angkasa Masuki Orbit di Sekitar Asteroid Bennu

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 01 56 1998538 pesawat-luar-angkasa-masuki-orbit-di-sekitar-asteroid-bennu-5oJZgEigOG.jpg Ilustrasi Pesawat Osiris-Rex (Foto: Space Flight)

JAKARTA-Pesawat ruang angkasa milik NASA, Osiris-Rex berhasil memasuki orbit di sekitar asteroid Bennu yang berjarak 70 juta mil (110 juta kilometer) dari Bumi. Ini adalah benda langit terkecil yang pernah di orbit oleh pesawat ruang angkasa.

Dilansir dari laman ABC News, Selasa (1/1/2018) pangkuan pesawat ruang angkasa itu hampir satu mil (1,6 kilometer) di atas permukaan asteroid. Ini merupakan rekor lain bagi NASA.

Osiris-Rex tiba pertama kali di Bennu pada awal Desember dan terbang dengan formasi sampai manuver terbaru. Tujuannya adalah untuk mengambil sampel kerikil pada tahun 2020 untuk kembali ke Bumi pada tahun 2023.

Ini terjadi hanya beberapa jam sebelum explorer NASA lain, New Horizons, ditetapkan untuk terbang melewati ruang batuan es di luar Pluto.

Bennu

Baca Juga: Epic Games Beri Kejutan untuk Gamer Fortnite di Tahun Baru

Untuk informasi, Bennu diyakini mungkin berisi 'blok bangunan' kehidupan, sehingga memulihkan sampel akan memungkinkan para ilmuwan untuk menguji teori bahwa asteroid membawa bahan kimia penting ke Bumi yang memicu asal-usul organisme hidup.

Akan tetapi, batu luar angkasa raksasa itu juga dikhawatirkan bisa membawa kematian dalam skala besar. Jadi tes akan membantu mengungkap dan bagaimana memastikannya tidak menyerang Bumi.

Jika dampak bencana terjadi, itu akan melepaskan lebih banyak energi daripada semua senjata nuklir yang diledakkan dalam keseluruhan sejarah manusia.

Bennu memiliki luas sekitar lima lapangan sepak bola dan beratnya sekitar 79 miliar kilogram atau 1.664 kali lebih berat daripada Titanic. Kabarnya, asteroid ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk menabrak Bumi.

Bennu

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Internet Anda

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini