Antisipasi Ponsel Hilang, Ini Cara Cek IMEI Ponsel

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 92 1998548 antisipasi-ponsel-hilang-ini-cara-cek-imei-ponsel-nQqPHSjlfQ.jpg Ilustrasi Kotak Ponsel (Foto: Digital Trends)

JAKARTA – Setiap ponsel pasti memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Nomor ini digunakan untuk mengidentifikasi ponsel Anda jika ponsel hilang atau dicuri.

Nomer IMEI terdiri dari 15 digit dan dapat digunakan untuk memeriksa informasi penting seperti negara asal, nomer model dan asal pabrikan ponsel tersebut. Anda juga dapat menggunakan IMEI untuk memeriksa riwayat perangkat.

Perlu diingat, nomor IMEI tidak boleh dibagikan sembarangan kepada publik. Jika tersebar, IMEI dapat digunakan untuk penipuan. Berikut Okezone memberikan cara mudah untuk mengecek nomer IMEI di ponsel Anda seperti dikutip laman Digital Trends, Selasa (2/1/2019).

IMEI

Baca Juga: LG Bakal Bikin Ponsel yang Bisa Digulung?

1. Tekan *#06#

Cara ini terbukti ampuh untuk menemukan nomor IMEI ponsel. Anda cukup menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon dan nomer IMEI akan otomatis muncul pada layar.

2. Menu Setting

Untuk perangkat iPhone Anda cukup mengakses menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android terdapat di menu Setting > About Phone > Status.

3. Belakang Ponsel

Beberapa vendor smartphone pun sengaja mencetak nomor IMEI di bagian belakang ponsel dengan menempelkan stiker. Tetapi belakangan ini, beberapa ponsel banyak yang tidak memproduksi ponsel dengan cetakan IMEI di bagian belakangnya lagi.

4. Slot SIM

Meskipun jarang ponsel yang mencetak nomor IMEI di slot SIM card, banyak vendor smartphone yang memang sengaja memasangnya. Nomor tersebut dapat Anda temukan ketika membuka slot SIM card di ponsel jadul ataupun modern.

5. Kotak Ponsel

Di setiap kotak penjualan terdapat beragam informasi khusus terkait smartphone yang Anda miliki. Anda dapat melihat nomor IMEI tersebut di sekitar kotak ponsel. Biasanya nomer IMEI ditempatkan bersama serial number ponsel tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini