Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2019, Regulasi Penggunaan Drone di AS Bakal Diperketat

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 02 207 1998879 2019-regulasi-penggunaan-drone-di-as-bakal-diperketat-Mp2zYU315y.jpg Ilustrasi Drone (Foto: Washington Times)

JAKARTA- Penggunaan drone tampaknya akan semakin luas di tahun ini. Tak hanya untuk kebutuhan pengambilan video untuk hiburan. Amerika telah menemukan kegunaan baru drone yakni untuk kendaraan udara tak berawak (UAV).

Dilansir dari laman Washington Times, Rabu (2/2/2018) sebelumnya, saat malam tahun baru di Time Square, kepolisian New York (NYPD) mengerahkan drone sebagai pesawat tak berawak untuk pertama kalinya. Drone tersebut digunakan untuk mengawasi jalannya tahun baru.

Meskipun demikian, perdebatan pendapat tentang penggunaan drone tersebut tak lepas dari kontra. Ada yang beranggapan jika itu mengganggu hak privasi dan keselamatan publik.

Drone

Baca Juga: Apple Bakal Rombak Total iPhone?

Atas dasar hal itu pemerintah negara bagian dan kota menerapkan pengawasan ketat untuk mengatur penggunaan tersebut.

Menanggapi hal ini, pakar kebijakan penerbangan mengatakan undang-undang dan peraturan tentang drone akan berkembang seiring teknologi. Misalnya, mengubah segala macam perdagangan, dari petani yang menggunakan UAV untuk membuat peta analisis tanah 3D dan agen real estat yang memberi calon pembeli rumah pandangan mata dari lingkungan ke pengecer mengirimkan barang dan berita outlet mengumpulkan data dengan drone.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini