Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Kembangkan Ponsel Bebas Sentuh, Seperti Apa?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 13:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 07 57 2000984 google-kembangkan-ponsel-bebas-sentuh-seperti-apa-vBNj5tPnuj.jpg Ilustrasi (Foto: Lifeboat Foundation)

JAKARTA – Google telah menguji teknologi sensor gerak baru berbasis radar yang dikenal sebagai Project Soli. Dilansir dari laman Android Authority, Senin (7/1/2019), Project Soli resmi mendapatkan izin dari Federal Communications Commission (FCC).

Proyek tersebut menggunakan teknologi radar dan memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat elektronik menggunakan gerakan tangan tanpa menyentuh ponselnya. Pengguna cukup menunjukkan gestur tertentu seperti scroll atau memilih opsi menu di ponsel.

Radar tersebut dapat menembus kain, sehingga pengguna dapat mengoperasikan perangkat meskipun memakai sarung tangan. FCC juga mencatat bahwa teknologi ini sudah diizinkan digunakan di pesawat bahkan saat penerbangan.

 

Baca juga: Inikah 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis di 2019?

Sebelumnya, Google telah meminta izin dari FCC untuk pengujiannya. Teknologi ini akan beroperasi dalam pita frekuensi 57 hingga 64GHz. Akan tetapi FCC memberikan peraturan pengujian tertentu untuk Google.

Direktur Rekayasa dan Teknologi FCC, Julius Knapp mengatakan sensor tersebut akan membantu berbagai kepentingan publik karena menggunakan teknologi radar. Saat ini, Project Soli masih dalam tahap pengujian.

 

Baca juga: Ini Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini