6 Tren Teknologi yang Mengubah Dunia di CES 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 207 2001583 6-tren-teknologi-yang-mengubah-dunia-di-ces-2019-JJxqjRb8Hu.jpg Ilustrasi CES 2019 (Foto: GQ Magazine)

JAKARTA - Consumer Electronics Show (CES) menjadi gelaran teknologi yang ditunggu setiap tahunnya. Tak terkecuali tahun ini yang diselenggarakan pada 8-11 Januari 2019 di Las Vegas. Sekira 180.000 orang hingga 4.500 perusahaan berkumpul untuk acara tersebut.

Tak hanya itu, menurut Wakil Presiden Riset Pasar CES, Steve Koenig akan ada enam tren teknologi paling menonjol bahkan mampu mengubah dunia, apa saja? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari laman GQ Magazine, Selasa (8/1/2019).

5G

Baca Juga: Konsol Mad Box Saingi PlayStation dan Xbox Masa Depan?

1. 5G

Tampaknya pergeseran dari jaringan 4G ke 5G sudah menjadi perbincangan yang hangat belakangan ini. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang lebih besar, kapasitas yang lebih besar, dan latensi yang lebih rendah.

Dalam gelaran CES 2019 ini, perusahaan semikonduktor Qualcomm memamerkan teknologi beamforming untuk meningkatkan cakupan 5G. Lengkapnya, akan ada tampilan sistem broadband nirkabel tetap untuk membawa infrastruktur ini ke daerah-daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau serat optik. Paling pentingnya lagi adalah perangkat yang akan muncul seperti smartphone 5G.

2. Kecerdasan Buatan (AI)

Tren yang ada di CES 2019 adalah kecerdasan buatan. Acara ini penuh dengan prosesor dan chip yang berfokus pada AI, bersama dengan perusahaan yang menggunakan kit ini untuk menanamkan AI dalam produk mereka untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Misalnya saja, perangkat TV menggunakan AI untuk mengubah pengaturan gambar tergantung pada kondisi cahaya atau di mana pengguna berada di ruangan, kamera menggunakan AI untuk memantau kualitas gambar. Asisten digital juga dikabarkan hadir dalam fitur di mobil, soundbars, laptop, set TV.

3. Resolusi Layar 8K

Resolusi layar pun semakin tahun semakin besar, jika pada CES sebelumnya terdapat kedatangan televisi 4K, 3D, dan HDR. Kali ini, resolusi televisi 7680 × 4320 atau 8K akan menjadi tren terbaru. Seperti diketahui sebelumnya, Samsung dikabarkan akan memamerkan televisi 219 inci dan 70 inci dalam CES 2019, yang kemungkinan akan menghadirkan resolusi 8K.

AR

Baca Juga: Ini Wilayah yang Bisa Saksikan Gerhana 'Bulan Darah' 21 Januari

4. Augmented Reality (AR)

Teknologi AR sudah ada dalam beberapa waktu. Namun yang paling kerasa adalah teknologi ini bergeser dari produk B2B menjadi produk B2C, dan perusahaan melangkah untuk membuat pengalaman AR konsumen lebih baik.

5. Kendaraan Self-Driving "Level tiga"

Sebelumnya, CES telah memamerkan banyak kendaraan self-driving "Tingkat dua" (untuk menggunakan jargon Society of Automotive Engineers ). “Level tiga", yang merupakan inti dari CES 2019, adalah ketika kendaraan berada dalam kendali penuh untuk setidaknya sebagian waktu. Armada mobil yang dapat menyetir sendiri turun ke jalan tahun ini dengan izin dari GM, Ford dan Daimler.

6. Teknologi Tangguh

Kategori luas namun baru yang muncul di CES 2019 adalah apa yang Koenig sebut sebagai "teknologi tangguh". Kota pintar tanpa ketahanan sangat rentan, tidak hanya serangan cyber, tetapi juga tsunami atau gempa Bumi. Jadi, bagaimana menjaga agar penduduk diberi makan, minum, bertenaga, dan hangat jika ada bencana? Ada banyak produk di pertunjukan CES yang membahas tema itu. Misalnya, Watergen, pemenang Penghargaan Inovasi Terbaik CES 2019, yang menciptakan air dari udara.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini