Ini Tren Teknologi yang Diungkap Samsung di CES 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 207 2001637 ini-tren-teknologi-yang-diungkap-samsung-di-ces-2019-rjhUayGYIY.jpg Samsung di CES 2019 (Foto: Samsung)

JAKARTA– Dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019, vendor Samsung memamerkan teknologi AI, IoT, dan 5G. Samsung mendemonstrasikan bagaimana konsumen dapat menjalani Hidup Terkoneksi (Connected Living).

Menariknya,Samsung juga menampilkan platform robotik masa depan yang didukung AI, yang dapat digunakan untuk mengatur aktivitas sehari-hari, seperti membantu para lansia mengatur rutinitas kesehatan mereka secara mandiri.

“2019 adalah ulang tahun ke-50 Samsung Electronics, dan selama lima dekade terakhir, kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang bermakna untuk konsumen di mana pun mereka berada,” ucap HS Kim, President and CEO of Consumer Electronics Division, Samsung Electronics, dalam keterangan resmi, Selasa (8/1/2019).

“Di tahun 2019, kami membawa hal-hal ini ke level berikutnya, dan memanfaatkan kepemimpinan kami di industri untuk merealisasikan visi Hidup Terkoneksi,” tambah Kim. Lebih lanjut, untuk mewujudkan filosofi Connected Living, Samsung menggarap IoT, 5G, dan AI yang bekerja antar perangkat, untuk menghasilkan pengalaman connected living yang mulus.

Sejak Samsung menyatukan aplikasi SmartThings dan memperkenalkan SmartThings Cloud, ekosistem SmartThings telah berkembang secara signifikan. Pasalnya, jumlah pengguna SmartThings yang terdaftar tumbuh 220 persen dan pemasangan aplikasi tumbuh 61 persen.

Jumlah partner yang berpartisipasi dalam ekosistem ini juga bertumbuh 44 persen. Kini, konsumen dapat menikmati pengalaman SmartThings dengan perangkat dari merk global terkemuka seperti Amazon, Google, Bose, Sylvania, and Plume.

Samsung

Baca Juga: 6 Tren Teknologi yang Mengubah Dunia di CES 2019

Tak hanya itu, Samsung juga telah mendaftarkan lebih dari 2000 paten dasar 5G di ETSI (European Telecommunication Standards Institute) per November 2018. Samsung juga merupakan perusahaan pertama di dunia yang memperoleh persetujuan FCC untuk peralatan komersial 5G.

Samsung mendukung komersialisasi network di 5G rumah dan mobile dengan provider-provider USA terkemuka dan 3 provider mobile di Korea, dengan percobaan tambahan yang sedang berjalan di Eropa dan Asia. Samsung juga berkomitmen untuk meletakkan kekuatan 5G dengan smartphone 5G yang akan dihadirkan pada paruh pertama 2019.

Samsung meyakini bahwa AI paling berguna ketika AI membantu menyederhanakan dunia yang kompleks. Untuk mencapai ini, Samsung membangun tujuh Global AI Centers, dan memasukkan teknologi unik ini ke dalam rangkaian produk dan jasanya.

Dan untuk memastikan Samsung bekerja dengan orang-orang terbaik dalam bidangnya, Samsung NEXT dan Samsung Strategy and Innovation Center (SSIC) telah berinvestasi dalam lebih dari 20 startup yang terkait dengan AI dalam lima tahun terakhir.

Samsung menyingkap sebagian tampilan masa depan dari Hidup Terkoneksi dengan mendemonstrasikan perkembangan terakhir dalam platform robotik termasuk Samsung Bot Care, Samsung Bot Air, Samsung Bot Retail, dan Samsung GEMS.

Di antara berbagai platform robotik ini, Samsung memberikan demonstrasi perdana dari Samsung Bot Care, yang membantu konsumen mengatur rutinitas kesehatan harian. Dengan kemajuan dalam AI dan robotik, Samsung memanfaatkan aset-aset terbaiknya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan membentuk dunia yang lebih baik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini