Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Wilayah yang Bisa Saksikan Gerhana 'Bulan Darah' 21 Januari

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 56 2001422 ini-wilayah-yang-bisa-saksikan-gerhana-bulan-darah-21-januari-U4POdrbhlY.jpg (Foto: USA Today)

JAKARTA - Langit akan disuguhi gerhana bulan total pertama di 2019. Gerhana bulan tersebut disebut “Super Blood Wolf Moon”.

Dilansir dari NBC News, gerhana ini akan menjadi gerhana bulan pertama di 2019 sekaligus gerhana bulan total terakhir hingga 2021.

Saat gerhana, diameter bulan akan terlihat sekira 7 persen lebih besar. Sedangkan terang bulan juga mencapai 15 persen lebih terang dibanding bulan purnama biasa. Selain itu bulan seakan terlihat bewarna merah.

Warna merah tersebut disebabkan karena Bumi berada tepat di antara matahari dan bulan sehingga atmosfer Bumi memantulkan sinar matahari.

 

Baca juga: 4 Smartphone Terpopuler yang Diburu Pembeli Online

Tidak perlu pelindung mata khusus. Gerhana bulan total ini dapat dilihat langsung dengan mata telanjang.

Gerhana ini akan terlihat di seluruh Amerika Selatan dan Utara, bagian Eropa Barat dan Afrika. Sedangkan bagian Afrika, Eropa dan Asia lainnya hanya akan melihat sebagian gerhana saja.

Gerhana ini dimulai sejak 20 Januari 2019 pukul 22.30 waktu setempat (Eastern Time). Sedangkan puncaknya, ketika matahari, bulan dan Bumi sejajar sempurna dan bayangan Bumi menutupi seluruh piringan bulan terjadi pada 00.12 waktu setempat (Eastern Time) pada 21 Januari.

 

Baca juga: Mengapa Powerbank Kapasitas Besar Tak Boleh Dibawa dalam Pesawat Terbang?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini