NASA Temukan Planet Baru di Luar Tata Surya

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 08 56 2001617 nasa-temukan-planet-baru-di-luar-tata-surya-eRJmHUxEoS.jpg (Foto: NASA/MIT News)

JAKARTA - Para ilmuwan dari Satelit Transit Exoplanet Survey (TESS) telah menemukan planet ketiga di luar tata surya. Dilansir dari laman Science Daily, Selasa (8/1/2019) exoplanet ini bernama HD 21749b yang berada sekira 53 tahun cahaya dari Bumi.

Planet ini menjadi aneh karena ukurannya yang tiga kali lebih besar dibanding Bumi dan merupakan planet gas. HD 21749b terbuat dari material gas yang lebih padat dibanding planet gas lain.

Beratnya pun 23 kali lebih besar daripada Bumi. Planet ini memiliki orbit 36 hari dan mempunyai suhu permukaan sekitar 150 derajat Celcius.

 

Baca juga: 5 Fitur Baru yang Diharapkan Muncul di PUBG Mobile

“Kami pikir planet ini mungkin tidak seperti gas yang dimiliki Neptunus atau Uranus. Planet ini mungkin memiliki kepadatan seperti air, atau bahkan atmosfer yang tebal,” ujar Diana Dragomir, selaku pemimpin tim TESS.

Selain itu, TESS juga dikabarkan berhasil mendeteksi adanya planet lain yang lebih kecil dan memiliki periode orbit 7,8 hari. Jika benar, ini akan menjadi planet pertama dengan ukuran mirip dengan Bumi yang ditemukan oleh TESS.

 

Baca juga: Mengapa Powerbank Kapasitas Besar Tak Boleh Dibawa dalam Pesawat Terbang?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini