Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SpaceX Segera Luncurkan Wahana Antariksa

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 12:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 11 56 2003007 space-x-segera-luncurkan-wahana-antariksa-bJAPETT5Yx.jpg Ilustrasi (Foto: Discover Magazine)

JAKARTA- Dalam waktu sekitar sebulan, wahana antariksa pertama Dragon SpaceX milik SpaceX akan segera diluncurkan untuk pertama kali. Ini merupakan penerbangan uji orbital tanpa awak ke Stasiun Luar Angkasa International.

Dilansir dari laman Discover Magazine, Jumat (11/1/2019) sebelumnya peluncuran SpaceX akan berlangsung pada 17 Januari 2019. Namun, CEO SpaceX, Elon Musk mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa uji terbang tanpa awak akan berlangsung tidak lebih cepat dari Februari. Namun, belum ada tanggal peluncuran resmi baru yang diumumkan.

NASA mengatakan bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh tim yang membutuhkan waktu tambahan. Tetapi, ada kemungkinan bahwa penutupan pemerintah AS, yang mengurangi sekitar 95 persen tenaga kerja pegawai negeri sipil NASA menjadi penyebabnya.

Peluncuran ini direncanakan berlangsung di Kennedy Space Center di Florida, di mana akan diluncurkan roket Falcon 9 SpaceX untuk meluncurkan pesawat itu. Musk membagikan foto Falcon 9 pada landasan peluncuran 39A dengan Crew Dragon dan jalur baru yang akan dilalui astronot untuk naik ke pesawat dalam peluncuran kru yang akan datang.

Baca Juga: Samsung Resmi Ungkap Tanggal Peluncuran Galaxy S10

Untuk informasi, Crew Dragon merupakan pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk mengangkut manusia dan kargo ke luar angkasa. Selama misi tanpa persiapan ini, yang dikenal sebagai Demo-1, pesawat itu akan tinggal di stasiun ruang angkasa selama beberapa minggu sebelum kembali ke bumi.

Tujuan dari misi ini adalah untuk menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa mampu melakukan perjalanan dengan aman sebelum ada astronot di dalamnya. Setelah keselamatan terbukti, perusahaan berharap untuk mulai mengangkut astronot NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

SpaceX awalnya berharap untuk meluncurkan uji terbang roket pertama awak mereka pada awal Juni tahun ini. Mengingat ketidakpastian dari spaceflight, ada kemungkinan bahwa peluncuran ini dapat didorong kembali lebih jauh juga.

Baca Juga: 6 Kasus Kematian Konyol Gara-Gara Main Game, Apa Saja?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini