Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bill Gates Dukung Toilet Bertenaga Cacing, Seperti Apa?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 15 56 2004824 bill-gates-dukung-toilet-bertenaga-cacing-seperti-apa-m0ZCMKl4jM.jpg (Foto: Bear Valley Ventures/Sciencealert)

JAKARTA – Sanitasi yang baik tentu diharapkan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan manusia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diare sendiri telah membunuh 525.000 balita setiap tahunnya akibat kebersihan toilet yang minim.

Pendiri Microsoft, Bill Gates telah membantu pembiayaan toilet genius berteknologi cacing. Dilansir dari laman Science Alert, Selasa (15/1/2019), toilet tersebut sudah diterapkan di India beberapa tahun terakhir ini. Toilet ini melibatkan cacing yang dijuluki dengan Tiger Toilet.

Toilet cacing ini sudah digunakan lebih dari 4.000 toilet di seluruh India sejak 2015. Prosesnya melibatkan cacing harimau atau Eisenia fetida yang baik untuk membusukkan bahan organik.

“Habitat cacing harimau ada di tumpukan kotoran hewan dan manusia,” ujar Ajeet Oak selaku Direktur Perusahaan Tiger Toilet.

Bentuknya sama saja seperti toilet pada umumnya. Hanya saja toilet ini memiliki bau yang khas yang disebabkan oleh cacing. Bau khas ini akan membuat lalat dan nyamuk enggan datang ke toilet ini.

 

Baca juga: Ini Wilayah yang Bisa Saksikan Gerhana 'Bulan Darah' 21 Januari

Tiger Toilet dirancang tidak terhubung ke saluran pembuangan. Cacing harimau akan disimpan di dalam wadah di bawah toilet, sehingga mereka dapat memakan kotoran di toilet tersebut.

Nantinya cacing-cacing itu akan memproses kotoran. Mereka menghilangkan 99 persen tinja, menghasilkan air, karbondioksida dan 15 persen kotoran cacing yang bisa dijadikan kompos.

“Cara ini jauh lebih baik dari septic tank dan menghasilkan kandungan baik untuk tanaman seperti fosfor, karbon, dan kalium" ujar Oak. Selain itu, toilet ini dapat awet sampai delapan tahun dengan pemeliharaan yang sangat sederhana.

 

Baca juga: Microsoft Stop Dukungan Windows 7 Tahun Depan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini