Google Hapus Aplikasi yang Minta Izin Akses SMS

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 11:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 16 207 2005125 google-hapus-aplikasi-yang-minta-izin-akses-sms-3xizbhW9Xj.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Ketika Anda meng-install sebuah aplikasi, maka aplikasi Android itu bisa saja meminta izin kepada Anda. Misalnya, meminta izin untuk mengakses pesan atau foto di ponsel Anda.

Hal yang mencurigakan bisa terjadi saat aplikasi kalkulator umpamanya, tiba-tiba meminta izin untuk mengakses foto atau pesan Anda. Terlihat bahwa ada kejanggalan karena aplikasi itu tampak tidak masuk akal untuk meminta akses data pribadi tersebut.

Dilansir Ubergizmo, Rabu (16/1/2019), Google mengumumkan bahwa pekan depan pihaknya akan mulai menghapus aplikasi yang tidak disetujui yang meminta izin untuk log panggilan (call logs) atau SMS.

Bukan berarti Google akan melarang semua aplikasi yang memerlukan izin ini, melainkan aplikasi yang memang membutuhkan akses ke log panggilan Anda dan SMS harus disetujui oleh Google terlebih dahulu.

 

Baca juga: Tombol Home di Ponsel Android Tak Berfungsi, Perhatikan 5 Hal Ini

Mungkin idenya adalah bsahwa Google ingin memastikan bahwa siapa pun yang meminta izin untuk fitur-fitur ini, menggunakannya untuk alasan yang tepat. Sehingga, tidak memata-matai Anda, mencuri informasi Anda, atau menjualnya untuk tujuan pemasaran.

Google akan memberi pengembang waktu 90 hari untuk memperbarui aplikasi mereka untuk mematuhi kebijakan baru ini jika tidak mereka berisiko dihapus dari Play Store.

 

Baca juga: Google Chrome Bakal Hapus Iklan yang Mengganggu

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini