Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Developer Mesin Transkrip Debat Capres Bakal Rilis Aplikasi di Android

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 18 207 2006373 developer-mesin-transkrip-debat-capres-bakal-rilis-aplikasi-di-android-SY6PbTb2Lu.jpg Ilustrasi (Foto: Naharnet)

JAKARTA- BahasaKita, developer penyedia transkrip Capres dan Cawapres putaran pertama berencana untuk mengadopsi teknologi Notula Rapat ke Play Store. Menurut Chief Data Scientist PT BahasaKita, Oni Bintoro aplikasi tersebut rencananya akan dinamakan Kutulis dan meluncur pada 4 Februari 2019.

Ia juga menuturkan jika aplikasi tersebut akan gratis dan memiliki dua cara kerja. “Aplikasi ini free dan bisa kapan saja, target kami kali ini untuk wartawan dan lawyer. Cara kerjanya pertama seperti live streaming kemudian ada kalimatnya. Ketika, ada masukan suara yang secara langsung kemudian aplikasi akan melakukan transkip. Kedua, bisa upload suara di-cloud dan nantinya akan ditranskrip,” kata Oni kepada Okezone, Jumat (18/1/2019).

Ilustrasi pengguna ponsel

Baca Juga: Notula Rapat, Teknologi yang Dipakai Transkrip Debat Capres dan Cawapres

Kemudian, dia menuturkan untuk transkrip suara melalui rekaman audio yang di-upload menurutnya mungkin akan ada biaya tambahan, namun gratis untuk 10.000 orang pertama. Untuk hal ini, Oni masih belum menyampaikan informasi detail pembayarannya.

Untuk diketahui, Kutulis merupakan produk pertama BahasaKita yang akan meluncur ke publik. Sebelumnya, developer ini hanya melakukan beberapa project untuk layanan pemerintahan seperti KPK, LPS, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pertanian RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini