Akhir 2019, Microsoft Stop Dukungan Windows 10 Mobile

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 21 207 2007180 akhir-2019-microsoft-stop-dukungan-windows-10-mobile-PIXj6Qmfai.jpg Ilustrasi (Foto: Cnet)

JAKARTA- Microsoft diam-diam telah menetapkan tanggal untuk mengakhiri dukungan untuk perangkat Windows 10 Mobile. Ini menyusul rencana perusahaan dua tahu lalu yang menyatakan bahwa OS tidak akan menerima pembaruan fitur.

Dilansir dari laman CRN, Senin (21/1/2019) tepatnya Microsoft mengakhiri dukungan pada 10 Desember 2019. Setelah tanggal itu, perangkat Windows 10 Mobile tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan baru, hotfix non-keamanan, bantuan gratis opsi dukungan atau pembaruan konten teknis online.

Microsoft sebagai gantinya merekomendasikan pelanggan yang masih menggunakan perangkat Windows 10 Mobile untuk beralih ke Android atau iOS.

"Dengan dukungan OS Windows 10 Mobile, kami menyarankan agar pelanggan pindah ke perangkat Android atau iOS yang didukung. Pernyataan misi Microsoft untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih, memaksa kami untuk mendukung aplikasi seluler kami pada platform dan perangkat, "tulis perusahaan dalam posting blog.

Microsoft

Baca Juga: Vivo Siapkan Ponsel dengan Sensor Sidik Jari di Seluruh Layar

Microsoft menyatakan kekalahan di pasar ponsel pada Oktober 2016 ketika VP global sistem operasi Joe Belfore mengatakan Windows Mobile tidak akan lagi menerima pembaruan selain dari pembaruan keamanan dan perbaikan bug. Vendor perangkat keras telah lama kehilangan minat pada platform dan Microsoft juga berhenti membuat ponsel yang menjalankan OS tersebut.

"Kami akan terus mendukung platform, perbaikan bug, pembaruan keamanan, dll. Tapi membangun fitur baru bukanlah fokusnya. Banyak perusahaan yang masih menerapkan kepada karyawan mereka dan kami akan mendukung mereka!" kata Balfore kala itu.

Pengguna Windows 10 Mobile yang tersisa masih dapat menggunakan perangkat mereka dan beberapa fitur seperti cadangan perangkat untuk pengaturan dan beberapa aplikasi masih akan didukung selama tiga bulan setelah tanggal akhir dukungan.

Microsoft tidak pernah berhasil mendapatkan pijakan di pasar ponsel dengan pangsa pasar turun menjadi kurang dari 0,1 persen pada awal 2017. Perusahaan telah berkomitmen untuk memastikan aplikasi yang ada dioptimalkan untuk platform saingan dari Google dan Apple.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini