Mirip Change.org, Facebook Rilis Fitur Petisi Online

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 21 207 2007286 mirip-change-org-facebook-rilis-fitur-petisi-online-DNkd28ZGRU.jpg (Foto: Techcrunch)

JAKARTA - Facebook telah merilis fitur terbarunya hari ini bernama Community Action. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat petisi politik.

Dilansir dari laman Tech Crunch, Senin (21/1/2019), fitur tersebut telah hadir dan sudah dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk mendiskusikan pandangan politik mereka dengan cara yang lebih konstruktif dan produktif.

Seperti situs Change.org, fitur ini dapat memungkinkan pengguna membuat petisi yang relevan, membuat polling, menandai pejabat atau organisasi, dan membuat teman-temannya mendukung petisi mereka.

Pendukung petisi akan dapat mendiskusikan topik dengan sesama pendukung di suatu halaman. Mereka juga bisa mengadakan acara seperti penggalangan dana.

 

Baca juga: Intip Foto-Foto Gerhana Bulan Darah Tangkapan Warganet

Seperti dicontohkan Tech Crunch, pengguna dapat meminta gubernur untuk membuat moratorium pada pengeboran minyak dan gas Bumi. Contoh lain adalah petisi yang ditujukan bagi walikota Florida dan anggota dewan untuk membangun pusat kesenian kota.

Facebook juga menyediakan tim pengawas dan membuat pengguna bisa melaporkan isi petisi yang dianggap melanggar aturan komunitas tersebut, seperti kekerasan dan rasis. Platform media sosial ini juga membatasi peserta petisi hanya pada lingkaran pertemanan terdekat dari pembuat petisi.

Facebook juga tak memperbolehkan pengguna untuk menandai Presiden atau Wakil Presiden dalam petisi. Fitur ini lebih ditujukan agar pengguna bisa berbicara dengan dewan perwakilan mereka di daerah masing-masing.

 

Baca juga: Vivo Y95, Ponsel dengan Desain Kekinian untuk Pecinta Selfie

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini