Soal Pembatasan Pesan di WhatsApp, Ini Tanggapan Menkominfo

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 20:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 21 207 2007480 soal-pembatasan-pesan-di-whatsapp-ini-tanggapan-menkominfo-Le84HmHotO.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - WhatsApp berencana memberikan pembatasan pesan forward di platform-nya, yang kabarnya akan meluncur besok di 5 negara, termasuk Indonesia. Ini merupakan upaya untuk mengurangi potensi viralnya berita palsu atau hoax.

"Besok jam 12 akan berlaku dan pertanyaannya kenapa pesan forward dibatasi, WhatsApp melihat di dunia tidak hanya di Indonesia. Melihat dari konten tersebarnya, ada negara yang mejadi prioritas itu salah satunya Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara dalam acara Press Conference di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Ia mengatakan bahwa ini upaya bersama dan pihaknya menyambut baik. "Ini tidak hanya soal bisnis tetapi juga mengondusifkan market di negara ini," kata pria yang akrab disapa Chief tersebut.

 

Baca juga: Ini Langkah WhatsApp Jadi Platform Aman Jelang Pemilu 2019

Rudiantara melanjutkan jika rencana ini sudah dibicarakan oleh WhatsApp dan Kominfo sejak September 2018 dan telah diuji dalam versi beta selama dua bulan terakhir sekira November 2018.

Sementara itu untuk efektifnya atau tidaknya pembaruan tersebut, Rudiantara mengatakan jika ini sudah sangat baik. "Dibanding tidak ada batasnya ini cukup baik. Tadinya kan tidak terbatas, jadi perbedaan yang besar," imbuhnya.

 

Baca juga: Cegah Hoax, WhatsApp Bakal Bataskan Pesan Forward Hanya 5 Kali

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini