Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Jadi Astronot, Bocah 10 Tahun Punya Teleskop Seharga Rp42,7 Juta

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 21 56 2007198 ingin-jadi-astronot-bocah-10-tahun-punya-teleskop-seharga-rp42-7-juta-xwGEBPxOg6.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Halaman belakang rumah Ricardo Barriga di Pirque, Chile, tampak balon unicorn, mainan-mainan, bola sepak, dan teleskop seharga USD3.000 atau sekira Rp42,7 juta yang dipesan orangtuanya dari Jerman.

Calon astronot berusia 10 tahun itu bisa mengidentifikasi konstelasi-konstelasi di langit selatan, bagian-bagian bulan yang tak terlalu dikenal, planet-planet dan lubang hitam.

Baru-baru ini, dia mengajari teman-teman di sekolahnya cara mengamati benda-benda luar angkasa dengan mengenakan bayaran USD4 (Rp56.890). Harapannya, dia bisa mengumpulkan uang untuk membeli pakaian luar angkasa, kata Barriga seperti dikutip oleh Reuters.

Barriga menganggap dia beruntung karena lahir di Chile, negara Amerika Selatan yang dikenal sebagai surga pengamatan astronomi karena langitnya bersih, iklim padang pasir yang kering dan minim polusi cahaya.

 

Baca juga: Potensi Asteroid Menghantam Bumi Semakin Sering

Murid sekolah dasar itu jatuh cinta dengan astronomi ketika dia membaca “bagian A” buku ensiklopedia milik orangtuanya, kata Ricardo.

“Buku itu adalah ensiklopedia dengan berbagai macam informasi,” kata Barriga. “Mimpi saya adalah menjadi astronot dan juga, punya pakaian luar angkasa".

Orangtua Barriga sudah berjanji akan mengajaknya ke Orlando, Floridia di Amerika Serikat untuk mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Kennedy milik NASA dekat Cape Canaveral.

“Saya pikir jika saya bisa menjadi astronot, saya bisa bekerja untuk NASA,” katanya.

Sekira 70 persen investasi global astronomi berada di Chile berkat langitnya yang bersih tak berawan di atas padang pasir utara Atacama, wilayah paling kering di dunia. Dalam lima tahun, negara Amerika Selatan itu akan menjadi rumah bagi tiga dari empat generasi teleskop Bumi berikutnya yang berharga miliaran dolar.

 

Baca juga: PUBG Mobile Bakal Diblokir di India?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini