Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Bisa Saksikan 'Super Blood Wolf Moon', Masyarakat Indonesia Bisa Lihat 'Supermoon' Malam Ini

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 13:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 21 56 2007231 tak-bisa-saksikan-super-blood-wolf-moon-masyarakat-indonesia-bisa-lihat-supermoon-malam-ini-Z1mXIiaa21.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Fenomena 'Super Blood Wolf Moon' terjadi pada malam hari (20 Januari 2019), tepatnya terlihat di wilayah Amerika Serikat. Indonesia tidak kebagian melihat fenomena tersebut, namun dapat melihat bulan purnama atau Supermoon pada malam hari ini.

Seperti dikutip laman BBC, Senin (21/1/2019), masyarakat Indonesia akan dapat menyaksikan fenomena bulan purnama super atau “supermoon” malam hari.

Supermoon atau bulan super merupakan fenomena yang terjadi saat Bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi. Saat itu, Bulan akan terlihat lebih besar 14% dan lebih terang 30% dari biasanya.

Astronom Avivah Yamani mengatakan, Bulan akan berada di atas cakrawala sejak matahari terbenam sampai fajar tiba. Bulan purnama atau “supermoon” ini akan terjadi pada Senin (21/1) dan Selasa (22/1).

 

Baca juga: Ini Wilayah yang Bisa Saksikan Gerhana 'Bulan Darah' 21 Januari

Meski demikian, Avivah mengatakan, faktor cuaca amat menentukan untuk menyaksikan “supermoon”.

"Untuk Bandung yang hujan dan berawan tebal, sepertinya akan susah untuk bisa membedakan bulan super 'yang lebih terang 30%' dari bulan purnama saat di titik terjauh dari Bumi. Kalau hujan dan awan, bulan tidak tampak. Kalau tampak di balik awan pun kita tidak bisa melihat bulan lebih terang," papar Avivah.

Fenomena Supermoon ini dapat disaksikan dengan mata telanjang secara aman. Sebab, cahaya bulan purnama super lebih redup sehingga aman untuk melihatnya tanpa alat khusus.

 

Baca juga: Gerhana Bulan 20 Januari Pengaruhi Pasang Air Laut di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini