Miliki Orbit Aneh, Planet Kesembilan Sembunyi di Tata Surya?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 56 2007932 miliki-orbit-aneh-planet-kesembilan-sembunyi-di-tata-surya-PTf3XZHFR6.jpg Ilustrasi (Foto: New Atlas)

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, para astronom telah menemukan bukti bahwa tampaknya ada planet besar, Planet Nine (Planet Kesembilan) yang bersembunyi di pinggiran tata surya. Hipotesis tersebut hadir pada 2016, ketika astronom Caltech memperhatikan bahwa beberapa objek di Belt Kuiper memiliki orbit yang aneh.

Dilansir dari laman New Atlas, Rabu(23//1/2019), tim astronom mengusulkan bahwa Planet Kesembilan memiliki besar sekira 10 kali lebih besar dari Bumi.

"Hipotesis Planet Sembilan adalah hipotesis yang menarik, tetapi jika planet kesembilan yang dihipotesiskan ada, ia sejauh ini menghindari deteksi," kata Antranik Sefilian, rekan penulis studi baru ini.

Dia menambahkan, "Kami ingin melihat apakah ada penyebab lain, yang kurang dramatis dan mungkin lebih alami, untuk orbit yang tidak biasa yang kita lihat di beberapa TNO. Kami berpikir, daripada membiarkan planet kesembilan, dan kemudian khawatir tentang pembentukannya dan orbit yang tidak biasa, mengapa tidak sekadar menjelaskan gravitasi benda-benda kecil yang merupakan cakram di luar orbit Neptunus dan lihat apa fungsinya bagi kita?".

 Ilustrasi

Baca Juga: Bocoran Tampilan Bodi Motorola Razr, Ini Wujudnya

Untuk menyelidiki, tim tersebut menjalankan model dinamika spasial penuh TNO, bersama dengan pengaruh planet-planet raksasa dan, yang terpenting, sebuah piringan benda-benda kecil yang membentang di luar Neptunus.

"Jika Anda menghapus planet sembilan dari model dan sebagai gantinya memungkinkan banyak benda kecil yang tersebar di area yang luas, daya tarik kolektif di antara benda-benda itu dapat dengan mudah menjelaskan orbit eksentrik yang kita lihat di beberapa TNO," kata Sefilian.

Studi baru bukan satu-satunya yang menyarankan penjelasan lain. Tahun lalu, para peneliti di University of Colorado Boulder menjalankan simulasi serupa dan menemukan bahwa planet kerdil yang jauh seperti Sedna dan TNO lainnya dapat saling 'berdesak-desakan' seperti mobil bemper gravitasi yang dapat menghasilkan orbit yang mirip dengan yang diamati.

"Mungkin juga bahwa kedua hal itu benar, mungkin ada cakram besar dan planet kesembilan. Dengan ditemukannya setiap TNO baru, kami mengumpulkan lebih banyak bukti yang dapat membantu menjelaskan perilaku mereka,” kata Sefilian

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini