Teknologi Pendeteksi Jantung Terintegrasi Aplikasi Android

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 20:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 23 57 2008528 teknologi-pendeteksi-jantung-terintegrasi-aplikasi-android-eoBNvTokmg.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Alat Cardiotocography (CTG) yang diusung oleh Sehati TeleCTG memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan utama yakni terintegrasi dengan aplikasi Bidan Sehati.

Aplikasi ini merupakan digitalisasi dari buku manual KIA yang hanya bisa dioperasikan oleh sang Bidan. Menurut CEO dan Founder Sehati TeleCTG, Ari Waluyo cara kerjanya yakni ketika bidan memeriksa keadaan ibu hamil nantinya mesin akan mencatat detak jantung bayi, gerakan janin, dan kontraksi.

Data tersebut kemudian dikirim melalui bluetooth ke aplikasi Bidan Sehati. Selanjutnya data tersebut dikirim ke Consultation Center, di mana dokter akan membaca data dan memberikan rekomendasi.

Selanjutnya, rekomendasi akan dikirim kembali ke aplikasi Bidan Sehati dan diteruskan kepada sang ibu.

Ari melanjutkan jika alat ini mampu membantu kerja bidan lebih baik. "Ibu hamil itu membawa faktor risiko, jadi tidak harus jauh-jauh ke kota misalnya yang memiliki waktu dari Kabupaten ke Kota 20 jam kan jauh. Dengan alat ini sudah bisa diprediksi dan aplikasi ini membantu si bidan," kata Ari.

Dia menambahkan jika data di aplikasi aman terkoneksi di TeleCTG yang disimpan di cloud dan mampu mendeteksi faktor risiko. "Satu ini bisa memberdayakan bidan dan membuka setiap ibu dengan alat ini memiliki fasilitas kesehatan yang sama," katanya.

 

Baca juga: TeleCTG, Teknologi Pendeteksi Jantung untuk Memonitor Gerakan Janin

Selain itu menurut Ari, data tersebut nantinya bisa menjadi sumber data untuk mengetahui masalah atau faktor yang sering terjadi di setiap daerah. Misalnya, lanjut dia jika ada banyak kasus anemia di suatu daerah bisa diketahui secara real time. "Data itu naik lagi di data dinas kesehatan," imbuhnya.

Selanjutnya, Erna Shinta Nurdianty, Koordinator Bidan Operasional Bidan Sehati mengatakan beberapa fitur yang hadir dalam aplikasi Bidan Sehati yakni fitur memasukan data kehamilan ANC, pengingat jadwal kunjungan pasien, kantong persalinan yang mengetahui kapan pasien siap bersalin, dan faktor Resiko.

Menariknya, selain aplikasi Bidan Sehati sang ibu juga mampu terkoneksi dengan bidan melalui aplikasi Ibu Sehati. Sayangnya menurut Ari aplikasi ini baru digunakan oleh ibu hamil di daerah perkotaan. Adapun beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yakni, fitur data dari bidan, pengingat kunjungan, dan berisi artikel tips kehamilan.

Baca juga: Numpang Roket SpaceX, Satelit Buatan Indonesia Segera Meluncur

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini