Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWS Raih 51,8% Pangsa Pasar Cloud Computing

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 18:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 24 207 2008953 aws-raih-51-8-pangsa-pasar-cloud-computing-bGTGUQb1u0.jpg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA- Amazon Web Services (AWS) merupakan salah satu penyedia layanan infrastruktur cloud computing asal Amerika yang memiliki pelanggan di dunia, termasuk beberapa perusahaan di Indonesia.

Memiliki pendapatan USD27 miliar, AWS kuasai 51,8 persen pangsa pasar cloud di seluruh dunia. Mengenai infrastruktur global yang dimiliki, AWS Cloud telah mengoperasikan 60 zona lokal di seluruh dunia.

Saat ini AWS juga tengah berencana untuk menambah 12 zona ketersediaan di Bahrain, Hong Kong, Swedia, dan WS GovCloud Region kedua di AS yang akan mulai online di awal 2019. Kemudian, jaringan global lokasi AWS Edge sekarang terdiri dari 160 Titik Lokasi.

Untuk terus meningkatkan bisnisnya sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di layanan komputasi awan, AWS baru-baru ini meluncurkan serangkaian inovasi terbarunya. Salah satunya adalah AWS App Mesh, yang akan memudahkan untuk memantau dan mengontrol layanan mikro yang berjalan pada AWS.

 AWS

Baca Juga: Tanpa Komponen dari AS, Huawei Bakal Bikin Ponsel Lipat

App Mesh membuat standar cara berkomunikasi layanan mikro, memberi visibilitas dari ujung ke ujung dan membantu memastikan ketersediaan yang tinggi untuk aplikasi.

Kemudian dikeluarkan juga AWS Cloud Map, yang merupakan layanan untuk membantu penemuan semua sumber daya cloud. Dengan Cloud Map, pelanggan dapat menentukan nama khusus untuk sumber daya aplikasi mereka, dan mempertahankan lokasi yang diperbarui dari sumber daya yang berubah secara dinamis.

Ini akan meningkatkan ketersediaan aplikasi mereka karena layanan web mereka selalu menemukan lokasi sumber dayanya yang terbaru.

Selain itu juga tersedia tiga layanan baru AWS yang memungkinkan pelanggan membangun dan menggunakan lebih cepat, mengelola data dengan lebih mudah. Ketiga layanan baru tersebut adalah AWS Control Tower, yang akan membuat zona pendaratan otomatis untuk pengaturan dan tata kelola lingkungan multi-akun yang aman dan patuh, layanan AWS Security Hub untuk mengelola keamanan dan kepatuhan secara terpusat di lingkungan AWS, serta layanan AWS Lake Formation.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini