Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Komponen dari AS, Huawei Bakal Bikin Ponsel Lipat

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 17:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 24 57 2008940 tanpa-komponen-dari-as-huawei-bakal-bikin-ponsel-lipat-sQELQoUM8w.jpg Ilustrasi (Foto: ABC News)

JAKARTA- Raksasa teknologi China, Huawei telah mengumumkan beberapa rencana untuk merilis smartphone generasi terbaru dengan teknologinya sendiri. Seperti diketahui banyak smartphone saat ini yang menggunakan komponen dari pabrikan Amerika seperti prosesor dari Qualcomm.

Dilansir dari laman ABC News, Kamis (24/1/2019), ini merupakan upaya untuk bersaing dengan para pemimpin industri Barat. Bahkan, Huawei Technologies Ltd sebagai pemasok global peralatan switching jaringan terbesar untuk smartphone telah menghabiskan banyak pendanaan untuk mengembangkan teknologi chipnya sendiri.

Inovasi ini juga dapat membantu mengurangi tagihan tahunan Huawei yang bernilai miliaran dolar untuk komponen dan risiko gangguan pasokan AS. Menurut CEO Unit Konsumen Huawei, Richard Yu handset yang akan dibekali teknologinya sendiri ini merupakan ponsel pintar generasi kelima yang dapat dilipat, akan diluncurkan bulan depan di acara tahunan industri terbesar, Mobile World Congress (MWC) di Barcelona.

Kabarnya, ponsel ini didasarkan pada chipset Huawei Kirin 980 dan modem Balong 5000, bukan menggunakan Snapdragon 855 yang mampu mengusung 5G.

Huawei

Baca Juga: AWS Tawarkan Solusi Cloud Berbasis AI, Machine Learning dan IoT

Yu mengatakan jika penjualan unit Huawei mencapai USD52 miliar, atau lebih dari setengah dari USD100 miliar pendapatan tahunan yang diramalkan perusahaan untuk 2018. Huawei belum merilis hasil keuangan 2018 untuk seluruh perusahaan.

"Dalam lingkungan politik yang rumit ini, kami masih mempertahankan pertumbuhan yang kuat," kata Yu.

Huawei masih sangat bergantung pada Intel Corp dan pemasok AS lainnya tetapi telah mengembangkan chip yang semakin kuat untuk smartphone dan server. Perusahaan hanya menggunakan chipset pada produknya sendiri.

Xi Wang dari IDC mengungkapkan jika Qualcomm memiliki rangkaian produk dan paten untuk chip smartphone yang jauh lebih besar, tetapi Huawei mampu mengejar ketinggalan.

"Secara umum, chip Huawei sama dengan chip Qualcomm dalam kinerja. Tidak hanya di level menengah tetapi di kelas atas, Huawei dapat bersaing dengan Qualcomm,” jelas Wang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini