Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS Mulai Lelang Spektrum Gelar Layanan 5G di 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 16:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 25 54 2009315 as-mulai-lelang-spektrum-gelar-layanan-5g-di-2019-BspmWzaYLj.jpg Ilustrasi (Foto: Diginet)

JAKARTA - Jaringan 5G tampaknya akan dinikmati oleh pengguna internet di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Di AS, Komisi Komunikasi Federal (FCC) telah menyimpulkan penawaran dalam lelang spektrum untuk 5G, teknologi nirkabel generasi berikutnya yang menjanjikan kecepatan 100 kali lebih cepat dari 4G.

Dilansir dari laman Cnet, Jumat (25/1/2019), FCC kabarnya akan membuka spektrum di pita 28GHz pada November 2019 untuk jaringan 5G. Bahkan pihak FCC menawarkan pelelangan USD702 juta dalam penawaran bruto. Sebanyak 2.965 lisensi 28GHz dimenangkan.

Komisi selanjutnya akan mengadakan lelang spektrum di pita 24GHz. Itu tidak akan mengungkapkan penawar pemenang untuk band 28GHz sampai lelang kedua ditutup. Pelelangan untuk pita spektrum 37GHz, 39GHz dan 49GHz akan diadakan akhir tahun ini.

5G

Baca Juga: Tips Cegah Kerusakan Ponsel Selama Musim Hujan

"Kesimpulan sukses dari lelang spektrum 5G pita tinggi pertama negara kami adalah langkah signifikan menuju mempertahankan kepemimpinan Amerika di 5G," kata Ketua FCC, Ajit Pai dalam sebuah pernyataan.

Pai menambahkan, "FCC akan terus secara agresif mendorong lebih banyak spektrum ke pasar komersial".

Untuk informasi, jaringan 5G menjanjikan kecepatan internet, jangkauan dan daya tanggap untuk jaringan nirkabel. Teknologi ini akan mengaktifkan fungsi-fungsi seperti streaming video HD di jaringan seluler dan mengakomodasi lebih banyak perangkat internet.

Beberapa operator di Amerika seperti Verizon telah memulai layanan broadband rumah 5G terbatas dan berencana untuk memulai layanan seluler 5G tahun ini. Sementara itu jaringan 5G milik AT&T mulai dirasakan di kota-kota tertentu pada Desember, meskipun pelanggan hanya dapat memanfaatkan jaringan menggunakan hotspot Wi-Fi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini