Benarkah Teknologi Merusak Daya Ingat Anak-Anak?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 27 56 2010040 benarkah-teknologi-merusak-daya-ingat-anak-anak-sm5t4jx751.jpg Ilustrasi (Foto: Freemake)

JAKARTA- Anak-anak adalah pengguna teknologi yang tinggi, tumbuh di era di mana memandang layar ponsel atau tablet adalah aktivitas rutin. Hal ini telah menimbulkan beberapa kekhawatiran.

Dilansir dari laman Digital Journal, Minggu (27/1/2019) sebuah studi baru dari Royal College of Paediatrics and Child Health mengungkapkan bagaimana teknologi dapat berdampak negatif pada waktu tidur anak, diet tidak sehat, dan gaya hidup kurang bergerak.

Ini mewakili panduan ahli pertama dari Inggris yang bertujuan membantu orang tua mencegah ponsel pintar dan penggunaan konsol berdampak buruk. Rekomendasinya bahwa anak-anak harus mematikan layar satu jam sebelum tidur.

Ilustrasi

Baca Juga: iPad Pro Tak Dilengkapi Fitur Face ID?

Para peneliti telah menemukan bahwa revolusi digital mengubah cara kita mengingat dan apa yang kita lupakan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa merekam ingatan kita (seperti dengan kamera atau video) menjadi lebih penting daripada menikmati acara itu sendiri. Namun, panca indera kita tetap menjadi pemicu utama ingatan emosional.

Sebelumnya, ada beberapa penelitian yang bertolak belakang, dari University of Oxford yang menunjukkan bahwa anak-anak pada umumnya tidak terpengaruh oleh penggunaan perangkat digital.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini