Samsung Tak Lagi Gunakan Plastik untuk Kemasan Produk, Ini Alasannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 28 207 2010393 samsung-tak-lagi-gunakan-plastik-untuk-kemasan-produk-ini-alasannya-Bb2Mrnw0Ra.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Samsung kabarnya akan mengganti bahan plastik pada kemasan produknya dengan bahan ramah lingkungan. Ini merupakan langkah raksasa teknologi tersebut untuk lebih peduli lingkungan dan komitmen yang berkelanjutan.

Dilansir dari laman Digital Trends, Senin (28/1/2019), Samsung mengungkapkan jika pihaknya akan mulai menerapkan hal tersebut pada paruh pertama tahun ini. Kemudian, perangkat yang akan mengadopsi bahan ramah lingkungan dimulai dari smartphone hingga peralatan rumah tangga (smart home).

Untuk menerapkan hal tersebut, Samsung akan fokus pada pengemasan inovatif, mulai dari merancang dan mengembangkan bahan baru, hingga pembelian, pemasaran, dan melakukan kontrol kualitas.

Untuk ponsel, tablet, dan perangkat yang dapat dipakai, Samsung akan mengganti plastik yang digunakan untuk beberapa bagian seperti genggaman. Sementara itu kantong plastik yang digunakan untuk membungkus aksesori juga akan diganti dengan bahan yang ramah lingkungan.

Samsung juga akan mengubah desain pengisi daya ponsel, menggantikan eksterior mengkilap dengan lapisan matte untuk membuat film perlindungan plastik tidak diperlukan.

 

Baca juga: 5 Aplikasi Cuaca Terbaik untuk Ponsel Android dan iOS

Sementara itu, kantong plastik yang digunakan untuk melindungi permukaan peralatan rumah juga akan diganti dengan kantong yang terbuat dari bahan daur ulang dan bioplastik, yang terbuat dari bahan berbasis bahan bakar non-fosil seperti tebu dan pati.

Bahan kertas dalam kemasan Samsung akan dimulai pada 2020 yang terbuat dari bahan serat yang disertifikasi oleh organisasi lingkungan global. Pada 2030, perusahaan ini mencoba menggunakan 500.000 ton plastik daur ulang dan mengumpulkan 7,5 juta ton produk yang dibuang sejak inisiatif dimulai pada 2009.

"Samsung Electronics melangkah dalam mengatasi masalah lingkungan masyarakat seperti penipisan sumber daya dan limbah plastik," kata kepala Samsung untuk Pusat Kepuasan Pelanggan Global, Gyeong-bin Jeon, dalam sebuah pernyataan.

Dia juga menambahkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk menggunakan lebih berkelanjutan bahan ramah lingkungan meskipun biaya meningkat.

 

Baca juga: Tips Cegah Kerusakan Ponsel Selama Musim Hujan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini