Microsoft Matikan Fitur Windows Media Player di Windows 7

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 17:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 28 207 2010490 microsoft-matikan-fitur-windows-media-player-di-windows-7-KFjDDQJCLR.jpg (Foto: Winaero)

JAKARTA - Microsoft diam-diam membuat perubahan Windows Media Center dan Windows Media Player pada Windows 7, Windows 8, serta Windows 8.1. Langkah ini dinilai tidak mengejutkan sebagai upaya mendorong lebih banyak pengguna ke Windows 10.

Dilansir Softpedia, Senin (28/1/2019), Windows 7 menuju akhir dukungan pada Januari 2020. Sebelum sampai pada waktu tersebut, perusahaan perlahan menghentikan dukungan fitur Windows Media Player di versi sistem operasi itu.

Perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa metadata baru tidak akan diperbarui di Windows Media Player dan Media Center di Windows 7, 8, dan 8.1. Dijelaskan bahwa satu-satunya OS yang tidak terpengaruh ialah Windows 10.

Perusahaan menjelaskan bahwa keputusan ini muncul setelah menganalisis data penggunaan. Raksasa software itu tidak melihat alasan untuk menjaga layanan tetap berjalan hanya untuk sejumlah kecil pengguna.

 

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Picture in Picture

"Ke depan, Anda mungkin tidak dapat melihat informasi (metadata) seperti judul, genre, dan artis untuk lagu, dan sutradara, aktor, sampul seni, dan panduan TV untuk film di Windows Media Center dan Windows Media Player," Microsoft menjelaskan dalam dokumen dukungan teknis (via WL).

Lebih lanjut perusahaan mengungkapkan, setelah melihat umpan balik pelanggan dan data penggunaan, Microsoft memutuskan untuk menghentikan layanan ini. Ini berarti bahwa metadata baru tidak akan diperbarui pada pemutar media yang diinstal pada perangkat Windows Anda. Namun, informasi apa pun yang sudah diunduh akan tetap tersedia.

Seperti diketahui, pengguna masih bisa menggunakan Windows 7, bahkan setelah 14 Januari 2020. Di luar tanggal itu, Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan resmi atau bahkan perbaikan keamanan untuk Windows 7.

 

Baca juga: Microsoft Stop Dukungan Windows 7 Tahun Depan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini