Standar Baru Bluetooth 5.1 Diumumkan, Ini Keunggulannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 19:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 207 2011550 standar-baru-bluetooth-5-1-diumumkan-ini-keunggulannya-EW99n7zmHt.jpg Ilustrasi Bluetooth (Foto: Android Pit)

JAKARTA- Special Interest Group (SIG) telah mengumumkan standar baru bagi Bluetooth 5.1. Inovasi terbesar adalah fitur yang dijuluki Direction Finding, dengan ini pengguna bisa menentukan dari arah mana sinyal dikirim. Dilansir dari laman Android Pit, Rabu (30/1/2019), ini memungkinkan Anda untuk menentukan lokasi dan akurasi hanya beberapa sentimeter.

Menurut SIG, lokasi baru akan memainkan peran utama dalam navigasi dalam ruangan dan menggantikan pemosisian berbasis WLAN dalam jangka panjang. Penentuan posisi GPS juga dapat ditingkatkan, terutama di tempat dengan penerimaan GPS yang buruk. Tentu saja, lokasi kunci yang salah tempat atau sejenisnya juga akan lebih tepat.

 Bluetooth

Baca Juga: Dokter Tak Menyarankan Pengguna Percaya 100% Fitur Kesehatan di Smartwatch, Kenapa?

Selain itu fitur baru Bluetooth 5.1 yang disematkan yakni Generic Attributes (GATT) yang dioptimalkan untuk mencapai pemasangan yang lebih cepat. Selain itu, kecepatan transmisi yang lebih tinggi, dan Random Channel Index yang ditingkatkan untuk mencegah paket data mengalami gangguan selama transmisi, yang mengakibatkan gangguan atau terputusnya sambungan.

Versi sebelumnya, Bluetooth 5.0 menghadirkan jangkauan transmisi yang luas (hingga 240 meter), konsumsi daya yang lebih rendah, kecepatan transfer yang lebih cepat (hingga 2 Mbps) dan kemampuan untuk memasangkan dua perangkat audio dengan perangkat lain.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini