Turnamen eSports IEL 2019 University Series Pertandingkan Dota 2 dan Mobile Legends

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 326 2011430 turnamen-esports-iel-2019-university-series-pertandingkan-dota-2-dan-mobile-legends-K2h0LQyYoX.jpeg Media Launch IEL 2019 University Series (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA- MIX 360 eSport menggelar acara IEL 2019 University Series. Ini merupakan kompetisi esport resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia dan didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), FORMI, dan IESPA.

Selain itu kompetisi ini juga telah disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asis (AeSF) serta akan menjadi bagian dari liga universitas resmi di bawah naungan IESPA.

Menurut Chief Operational Officer MIX 360 eSport misi utama dalam penyelenggaraan acara ini adalah mempersiapkan calon atlet eSport agar bisa masuk pelatnas dan menjadi wakil Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila.

"Kompetisi ini sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yakni menumbuhkan industri eSport sekaligus mendorong komunitas dan industri eSport di Indonesia," imbuh presiden IESPA, Eddy Lim, dalam acara Media Launch IEL University Series 2019, di Liga Game eSport TV, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Adapun dua cabang game yang diperlombakan dalam IEL 2019 University Series adalah Dota 2 dan Mobile Legends. Kemudian, peserta kompetisi ini yakni 12 kampus terpilih yakni Binus, Untar, Trisakti, UI, Bunda Mulia, UMN, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, Undinus, UPN, Universitas Ciputra, dan UGM yang nantinya terbagi dalam dua grup.

IEL Media Launch

Baca Juga: Ini Peta Persaingan E-Commerce Indonesia Q4 2018

Mereka akan melalui babak penyisihan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019. Lalu, empat tim terbaik dari masing-masing cabang game akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019.

Final babak IEL 2019 University Series akan bertempat di Liga Game Arena dan total hadiah mencapai Rp1 Miliar.

Industri eSport saat ini memang telah berkembang pesat, dalam beberapa tahun terkahir bahkan eSport telah menjadi industri dengan potensi yang besar. Data dari Niko Partners, industri eSport di Asia Negara dan Tiongkok menunjukan 41 persen dari 266 juta orang Indonesia merupakan gamer mobile atau PC.

Kemudian, pendapatan online mencapai USD606 juta pada 2018 dan diperkirakan mencapai USD1.156 juta di 2020.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini