Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Tak Menyarankan Pengguna Percaya 100% Fitur Kesehatan di Smartwatch, Kenapa?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 56 2011533 dokter-tak-menyarankan-pengguna-percaya-100-fitur-kesehatan-di-smartwatch-kenapa-76s2FAtsxf.jpg Ilustrasi Jam Tangan Pintar (Foto: The Inquirer)

JAKARTA- Banyak orang saat ini mulai mengadopsi gaya hidup sehat. Dari mulai menjaga makanan sehat, pola makan, dan olahraga. Beberapa dari mereka juga memantau kegiatan fisik dari jam tangan pintar, dari mulai olahraga, siklus tidur, dan kilometer yang ditempuh.

Sayangnya, dalam penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa sebagian besar dokter di Amerika tidak terlalu suka menggunakan data teknologi tersebut.

Dilansir dari laman Android Pit, Rabu (30/1/2019), penelitian tersebut dilakukan oleh Kantar di Amerika Serikat. Para dokter menyarankan agar pengguna tidak boleh secara sepenuhnya mempercayakan kesehatan pada perangkat pintar.

 Ilustrasi

Baca Juga: Samsung Bakal Ciptakan Chip Storage 1TB untuk Smartphone

Tentu saja, selalu lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau spesialis sebelum mengikuti saran jam tangan pintar Anda. Ini mungkin menjadi alasan lain mengapa banyak dokter tidak menyarankan pasien mereka untuk menggunakan perangkat ini.

Sebagai gantinya, mereka akan merekomendasikan perangkat ini untuk pasien dengan penyakit kronis. Jika melihat sisi pengguna, hasilnya sangat berbeda. Lebih dari 50% responden memiliki pendapat positif tentang perangkat ini, meskipun faktanya 60% dari mereka tidak terbiasa dengan penggunaannya.

Jika menganalisis aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan di AS, yang paling banyak digunakan adalah yang terkait dengan kegiatan pemantauan (seperti Runtastic atau Runkeeper), diikuti oleh penghitung kalori, data siklus tidur dan aplikasi yang mengajarkan resep sehat atau cara mengikuti diet.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini