Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PANDI Tepis Anggapan Mahalnya Biaya Domain .ID

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 207 2012010 pandi-tepis-anggapan-mahalnya-biaya-domain-id-Onjl9Zmuqo.jpg Ilustrasi Internet (Foto: Katatomic)

JAKARTA- Biaya hosting domain .ID seringkali dianggap mahal. Ketua PANDI, Andi Budimansyah pun tak menampik adanya anggapan tersebut.

"Jadi memang sebetulnya dikatakan domain .ID mahal saya tidak bisa mengatakan juga mahal. Tapi itu adalah stigma yang terjadi di masyarakat," kata Andi saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia melanjutkan jika harga domain .ID murah dan dapat digunakan dengan mudah. "Buktinya domain .ID sendiri sekarang ini kita sudah turunkan jadi Rp150 ribu tadinya Rp250 ribu dalam setahun," katanya.

Dia menambahkan, "Lalu domain .ID yang lain bahkan ada yang 50 ribu, 100 ribu bahkan ada yang kita kasih gratis yakni My.ID".

 Ketua PANDI

Baca Juga: Paten Samsung Ungkap Kaos Pintar Bisa Deteksi Masalah Paru-Paru

Tak hanya sampai di situ, dia juga mengungkapkan harga domain premium yang menurutnya tak mahal. "Harga dasar kalau empat digit itu Rp2 juta, untuk tiga digit Rp15 juta, dan dua digit Rp500 juta," lanjut Andi.

Andi juga mengatakan jika selama 2018 domain premium keseluruhannya ada 682 yang mengajukan, yang terdiri dari yang dua digit, tiga digit dan empat digit.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini