Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi 5G Masih Dinantikan, LG Bersiap Kembangkan 6G

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 54 2011884 teknologi-5g-masih-dinantikan-lg-bersiap-kembangkan-6g-FqmVwhy8wX.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tahun ini menjadi tahun teknologi untuk jaringan 5G. LG, produsen perangkat elektronik dan ponsel menjadi salah satu pelopor yang meluncurkan ponsel dengan fitur 5G di awal 2019.

Teknologi 5G tampaknya akan semakin populer, namun bagaimana dengan teknologi 6G? LG dikabarkan berambisi untuk menguasai teknologi 6G.

Dilansir dari laman Gizmochina, LG sangat serius dalam pengembangannya terhadap jaringan seluler masa depan. Hal tersebut dibuktikan dengan program penelitian atau riset jaringan 6G yang dilakukan LG di Distrik Yuseong, Daejeon, Korea Selatan.

Dalam pengembangannya, LG menggandeng Institut Sains dan Teknologi Korea (KAIST Institute) untuk mempersiapkan teknologi masa depan.

 

Baca juga: 5 Aplikasi Bisa Kembalikan Data yang Terhapus di Android

Perlu diketahui, peralihan teknologi 5G ke 6G akan memakan waktu kurang lebih 10 tahun lamanya. "Langkah yang diambil oleh LG dan KAIST Institute untuk mengembangkan teknologi jaringan yang akan digunakan 10 tahun kemudian adalah langkah yang sangat penting dan akan membantu mempersiapkan industri masa depan," ujar Cho Dong-ho, Profesor Teknik KAIST Institute.

Selain bertaruh di 5G, LG juga telah menjadi pelopor dalam komersialisasi jaringan 4G LTE. Riset TechIPM menunjukkan, sejak 2012 hingga 2016, LG memperoleh jumlah paten terbesar untuk teknologi evolusi LTE dan LTA Advanced.

Terlebih, LG juga menjadi perusahaan pertama di dunia yang mengusulkan standar global untuk teknologi komunikasi otomotif 5G.

 

Baca juga: Startup Ini Bikin Mesin Pencari 'Google Syariah', Seperti Apa?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini