Facebook Hapus Ratusan Akun Terkait Sindikat Penyebar Hoaks

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 01 207 2012392 facebook-hapus-ratusan-akun-terkait-sindikat-penyebar-hoaks-WaXPtbcyQ5.jpg Ilustrasi Facebook (Foto: CNet)

JAKARTA- Facebook telah menghapus ratusan akun, halaman dan grup di Indonesia yang terkait dengan grup online yang disinyalir menyebarkan pidato kebencian dan berita palsu, Saracen.

Dilansir dari laman Reuters, Jumat (1/2/2019) polisi telah mengungkap keberadaan kelompok tersebut pada 2016 dan menangkap tiga anggotanya karena dicurigai sebagai bagian dari sindikat bayaran yang menyebarkan pemicu hoaks secara online melalui media sosial.

"Akun dan halaman ini secara aktif bekerja untuk menyembunyikan apa yang mereka lakukan dan dihubungkan dengan Grup Saracen, sebuah sindikat online di Indonesia," Nathaniel Gleicher, Kepala Kebijakan Cybersecurity Facebook.

 Facebook

Baca Juga: Apple Uji Coba iPhone Fitur 3 Kamera dan Port USB-C?

Gleicher mengatakan halaman dan akun yang dihapus telah mencapai 170.000 orang di Facebook dan lebih dari 65.000 di Instagram. Menurutnya, penghapusan tersebut bukan hanya karena konten yang mereka bagikan, namun perilaku menipu yang terkoordinasi.

Unit kejahatan cyber kepolisian Indonesia sebelumnya mengatakan bahwa Saracen memposting materi yang melibatkan masalah agama dan etnis, serta berita dan posting palsu yang memfitnah pejabat pemerintah.

Penyelidik kepolisian Indonesia mengatakan mereka telah menemukan transfer uang hingga USD5.000 untuk membayar mereka yang menyebarkan materi, tetapi para tersangka yang ditangkap tidak pernah mengkonfirmasi keberadaan kelompok itu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini