Apple Bakal Ganti Tombol Volume dengan Teknologi Force Touch?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 57 2012428 apple-bakal-ganti-tombol-volume-dengan-teknologi-force-touch-bkvuLWuTfe.jpg Ilustrasi (Foto: PC World)

JAKARTA- Apple tampaknya terus mengembangkan teknologi baru untuk menghilangkan tombol fisik di beberapa fitur perangkatnya. Sebelumnya, raksasa teknologi asal Amerika itu telah menghapus tombol fungsi pada Macbook Pro dengan Touch Bar.

Selain itu, tombol Home pada iPhone juga menghilang di beberapa perangkat iPhone terbaru. Dilansir dari laman Digital Trends, Jumat (1/2/2019), kali ini giliran tombol volume. Apple kabarnya telah mengajukan paten untuk switch sentuh yang sensitif untuk pengganti tombol volume fisik. Ini bisa menjadi fitur Force Touch di iPhone bahkan Apple Watch.

Paten itu sendiri merupakan kelanjutan dari paten yang diajukan pada 2016, dan menyoroti penggunaan beberapa sensor gaya dan permukaan penginderaan kapasitif sebagai ganti tombol fisik volume iPhone. Ini bisa membuat tampilan iPhone menjadi jauh lebih estetis, sekaligus membatasi jumlah tombol fisik pada perangkat.

Ilustrasi

Baca Juga: Teknologi Machine Learning dan AI untuk Lawan Berita Hoaks

Ini bukan pertama kalinya Apple menggunakan teknologi Force Touch-nya. Tidak hanya laptop menggunakan teknologi di touchpad, tetapi iPhone saat ini juga menggunakannya di bawah layar sebagai cara untuk berinteraksi dengan perangkat lunak.

Di iPhone, teknologinya disebut 3D Touch. Pada akhirnya, teknologi itu bisa lebih sesuai di Apple Watch. Jika Apple akhirnya menggunakan kontrol Force Touch pada iPhone 2019 dan bukan tombol fisik volume, perangkat ini bisa terlihat sedikit lebih ramping dan minimalis.

Namun yang pasti, ini hanya sebuah paten, jadi masih belum diketahui apakah teknologi tersebut akan segera diterapkan atau tidak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini