Lindungi Pengguna, Apple Blokir Facebook

Agregasi Solopos, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 12:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 02 207 2012861 lindungi-pengguna-apple-blokir-facebook-ab6iVNi2sz.jpg (Foto: Reuters/Charles Platiau)

SOLO - Apple dikabarkan memblokir Facebook agar tidak bisa mendistribusikan aplikasi internalnya dari sistem operasi iOS. Pemblokiran ini dilakukan sebagai respons kabar Facebook menggunakan program Apple untuk melacak pelanggan dengan aplikasi khusus.

Mengutip The Verge, pemblokiran tersebut menjadi masalah bagi Facebook. Mereka menjelaskan keputusan Apple memengaruhi aplikasi internal mereka.

Meski demikian, Apple bersikukuh dengan keputusannya karena menganggap Facebook telah melanggar perjanjian.

"Setiap pengembang aplikasi yang melanggar perjanjian akan mendapat sanksi. Kami bakal mencabut sertifikat distribusi untuk melindungi pengguna kami," demikian penjelasan dari pihak Apple.

 

Baca juga: Lebih dari 900 Ribu Kali Serangan Siber Terjadi dalam Sepekan

Sayangnya, Apple enggan berkomentar lebih lanjut tentang keputusan tersebut. Pencabutan sertifikat bukan hanya menghentikan distribusi aplikasi di iOS, melainkan juga membuat aplikasi tersebut tidak berfungsi. Konsekuensi inilah yang membuat Facebook panik.

Kabarnya, Apple dan Facebook memang telah lama tidak sejalan. Maret 2018 lalu, CEO Apple, Tim Cook, mengkritik penanganan Facebook atas skandal pencurian data yang dilakukan Cambridge Analytica.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg menanggapi kritikan itu dengan cukup tegas. Dia mengatakan komentar seperti itu sangat mudah dilakukan. Namun, menurutnya tidak semua orang mampu bertahan dan mengatasi situasi yang rumit.

 

Baca juga: Apple Bakal Ganti Tombol Volume dengan Teknologi Force Touch?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini