Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Kembangkan Teknologi Charging dengan Sinyal Wifi

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 06:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 02 56 2012939 peneliti-kembangkan-teknologi-charging-dengan-sinyal-wifi-pwgiyECmkv.jpg (Foto: Frank Wang/Unsplash)

JAKARTA - Meskipun teknologi wireless charging sedang berkembang, sekelompok peneliti dikabarkan telah menemukan terobosan baru dengan mengembangkan alat yang berfungsi mengubah sinyal Wifi menjadi listrik. Dengan demikian sinyal Wifi dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik.

Dilansir dari laman TheGuardian, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Technical University of Madrid sedang mengembangkan alat yang bisa mengonversi sinyal Wifi menjadi listrik. Alat bernama rectenna (rectifying antenna) merupakan antenna yang mengonversi tenaga elektromagnetik menjadi arus searah (DC).

 

Baca juga: Samsung Siapkan Galaxy S10E dengan Banderol Murah?

Tim peneliti mengklaim, rectenna merupakan jenis baru yang menggunakan antenna frekuensi radio untuk menangkap gelombang elektromagnetik yakni Wifi menjadi listrik. Nantinya, antenna akan terhubung ke perangkat semikonduktor di dalamnya. Kemudian sinyal tersebut berubah menjadi daya DC agar kemudian dapat digunakan untuk men-charger ponsel.

Perangkat ini dapat menghasilkan daya sekitar 40 microwatt dari sinyal Wifi yang pada umumnya sekitar 150 microwatt. Daya tersebut sudah lebih dari cukup untuk menyalakan lampu LED atau mengisi daya ke chip.

Meski demikian, pihak MIT mengatakan tingkat efisiensinya dapat mencapai 40% dan tergantung pada sinyal WiFi. Nantinya teknologi ini akan diterapkan pertama untuk keperluan medis, LED, dan sensor Internet of Things (IoT). Selain fleksibel rectenna juga diklaim dapat diproduksi secara massal sehinggal mampu mencakup area yang luas.

 

Baca juga: Lebih dari 900 Ribu Kali Serangan Siber Terjadi dalam Sepekan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini