Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Tahun Lalu Facebook Lahir dari Kamar Asrama

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 15:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 04 207 2013593 15-tahun-lalu-facebook-lahir-dari-kamar-asrama-nqrRTjcgVV.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Lahir dari sebuah asrama di Universitas Harvard, tepatnya 4 Februari 2006 silam Facebook memulai debutnya hingga di tahun ini. Facebook hari ini resmi berusia 15 tahun. Hanya sedikit yang menebak Facebook akan sukses seperti saat ini.

Dilansir dari laman Business Insider, Senin (4/2/2019), di tahun tersebut Mark Zuckerberg pertama kali memperkenalkan Facebook pada dunia setelah mengerjakannya di kamar asrama. Dahulu namanya masih TheFacebook dan hanya ditujukan untuk mahasiswa saja, khususnya di Harvard.

“Saat pertama kali diluncurkan, kami mengharapkan 400 sampai 500 orang. Dulu, Harvard tidak punya platform seperti Facebook. Itu menjadi celah kami hingga memiliki 100 ribu orang,” ujar Zuck beberapa minggu setelah merilis Facebook.

Zuckerberg yang merupakan mahasiswa tingkat dua lalu memutuskan untuk berhenti kuliah dari Harvard di Mei 2004 untuk fokus mengembangkan Facebook di Silicon Valey yang merupakan wilayah pusat teknologi di Amerika Serikat. Dia mendapatkan pendanaan pertama sebanyak USD500 ribu dari Peter Thiel (pendiri PayPal).

 

Baca juga: Ini Alasan Mark Zuckerberg Hubungkan WhatsApp, Instagram dan Messenger

Pada Mei 2005, Facebook sudah memperoleh dana hingga 14 juta dollar, di mana Facebook kemudian pindah ke kantor kecil di Palo Alto California. Seiring pesatnya pertumbuhan Facebook, pada 2008 ia memecahkan rekor orang terkaya termuda dunia dari Forbes dengan kekayaan bersih USD1,5 miliar dibanding 1.125 miliarder lain di dunia.

Sejak itu, Facebook telah menjadi situs jejaring sosial paling populer di dunia. Kekayaan bersih Zuck sendiri telah meledak hingga lebih dari USD60 miliar.

Namun, Facebook belakangan diterpa berbagai masalah, terutama soal privasi semenjak penyalahgunaan data puluhan juta pengguna oleh perusahaan pihak ketiga Cambridge Analytica.

Selain itu, Facebook juga seringkali disebut sebagai tempat penyebaran hoax. Meskipun begitu, Zuck telah menghasilkan prestasi yang sangat cemerlang hingga mengantarkan Facebook menjadi jejaring sosial terbesar dan populer di dunia.

 

Baca juga: Facebook Bayar Millennial untuk Jadi Mata-Mata?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini