Google Hapus Aplikasi Filter Kamera Terindikasi Malware

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 11:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 207 2013733 google-hapus-aplikasi-filter-kamera-terindikasi-malware-Tt16wbH90e.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Aplikasi filter kamera sangat populer khususnya di kalangan wanita. Selain mempercantik selfie, pengguna juga dapat mencoba berbagai filter serta stiker menarik di dalamnya.

Terkini, beberapa aplikasi filter kamera dan “beauty camera” dikabarkan berisi malware di PlayStore. Dilansir dari laman Tech Radar, Google telah berhasil menghapus 29 aplikasi terindikasi malware yang sebelumnya ditemukan oleh perusahaan keamanan Trend Micro.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi filter kamera dan “beauty camera” yang populer di wilayah Asia.

Beberapa aplikasi tersebut di antaranya, Pro Camera Beauty, Emoji Camera, Selfie Camera Pro, Awesome Cartoon Art, Photo Editor, Cartoon Art Photo, Fill Art Photo Editor, Art Filter dan 21 aplikasi lainnya. Dari 29 aplikasi tersebut, 11 di antaranya telah diunduh lebih dari 100.000 kali.

 

Baca juga: Ponsel Meledak Cederai Pegawai Pemprov Riau, Pengamat: Ada Beberapa Sebab

Beberapa aplikasi tersebut menampilkan iklan satu layar penuh saat pengguna mengunci ponsel mereka. Saat diketuk, salah satu iklan nantinya akan mengunduh konten pornografi.

Yang lebih parah, aplikasi akan mencoba teknik phishing untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna.

Selain itu, beberapa aplikasi filter kamera tersebut juga mengunduh foto-foto yang diunggah pengguna ke platform media sosial lain. Foto tersebut nantinya akan digunakan untuk akun media sosial palsu.

Nantinya, aplikasi yang terindikasi malware tersebut membuat proses penghapusan aplikasi menjadi sangat sulit. Ini dikarenakan penjahat siber menyembunyikan ikon aplikasi tersebut agar pengguna kesulitan untuk menghapusnya.

 

Baca juga: Samsung Pamerkan Ponsel Lipat di Event Unpacked 2019?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini