Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makin Banyak Diunduh, TikTok Geser Snapchat dan Twitter?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 207 2014458 makin-banyak-diunduh-tiktok-geser-snapchat-dan-twitter-TsgoklXK53.jpg Ilustrasi TikTok (Foto: CNBC)

JAKARTA- TikTok tampaknya terus mengukuhkan posisinya. Aplikasi video musik tersebut memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan. Angka ini cukup untuk menggeser Twitter dengan pengguna aktif 362 juta, pada akhir kuartal 3 di 2018. Sementara itu aplikasi Snapchat memiliki 186 juta pengguna aktif.

Dilansir dari laman CNBC, Rabu (6/2/2019) tak hanya sampai disitu aplikasi yang menyasar remaja itu juga naik ke grafik unduhan teratas. Bahkan perusahaan riset App Annie mengungkapkan jika TikTok berada di peringkat 4 di seluruh dunia dalam unduhan iOS dan Android.

"Mengingat fokusnya pada remaja, kami percaya TikTok dapat menimbulkan ancaman bagi basis pengguna inti Snapchat," tulis Michael Nathanson dari Moffett Nathanson dalam sebuah catatan baru-baru ini.

Media Sosial

Baca Juga: Pria Ini Tewas Saat Gunakan Earphone Sambil Charge Smartphone

Dia menambahkan, "Ambisi TikTok tampak besar, terutama setelah perusahaan induknya ByteDance mengumpulkan USD 3 miliar dalam pendanaan pada Oktober 2018, menghitung Softbank sebagai salah satu investornya."

Lebih lanjut, ByteDance selaku developer TikTok baru-baru ini juga mengumumkan sedang meluncurkan aplikasi pesan video baru disebut Duoshan, di mana video menghilang setelah tiga hari.

Ini dibuat perbandingan dengan aplikasi perpesanan WeChat, Snapchat dan Tencent. Meskipun awalnya hanya akan diluncurkan di China. Tampaknya perusahaan memutuskan untuk memperluasnya secara lebih luas.

TikTok tidak memiliki model pendapatan iklan, tetapi beberapa merek telah menggunakannya untuk kampanye pemasaran influencer. Sumber pendapatan saat ini adalah melalui pembelian aplikasi, di mana pengguna dapat membeli barang-barang seperti emoji dan hadiah digital untuk dibagikan kepada orang lain.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini