Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sosok Dibalik Wallpaper Fenomenal Windows XP

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 11:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 207 2014736 ini-sosok-dibalik-wallpaper-fenomenal-windows-xp-u1kVzpQDHl.jpg Fotografer Charles O'Rear (Foto: SMH)

SOLO – Gambar latar belakang di komputer yang menampilkan pemandangan lembah hijau dengan langit biru cerah tentu sudah tidak asing lagi. Semua komputer di dunia yang menjalankan sistem operasi Windows XP jelas menggunakan wallpaper tersebut.

Nah, gambar itu bukanlah hasil rekayasa, melainkan jepretan seorang fotografer andal. Tahukah Anda siapa fotografer yang mengambil gambar tersebut? Dikutip dari The Sydney Morning Herald, Kamis (7/2/2019), Charles O'Rear merupakan fotografer di balik wallpaper fenomenal tersebut.

Charles O'Rear mengambil foto itu saat berada di Sonoma County, California, Amerika Serikat. Foto tersebut diambil pada 1996 saat dia mengunjungi sang kekasih. Perjalanannya melewati lembah hijau dihiasi awan menggantung itu diabadikan dalam foto.

Foto pemandangan indah itu akhirnya dibeli Microsoft pada 2000, setahun sebelum Microsoft Windows XP dirilis. Foto karya fotografer National Geographic itu dibeli sekitar Rp1,4 miliar. "Saya mengambil foto itu dengan kamera medium format. Tidak pernah terpikir foto itu akan dibeli Microsoft. Saya mengambil foto karena pemandangannya bagus dan menyegarkan," kata Charles O'Rear.

Wallpaper XP

Baca Juga: Kominfo Blokir Akun Instagram Palsu Atas Nama TNI

Melihat perkembangan Windows XP, Charles O'Rear kecewa. Jika tahu Windows SP bakal populer, maka dia bakal bernegosiasi terlebih dulu tentang harga fotonya. Sebab, kala itu Microsoft membeli fotonya dengan sekali bayar, bukan dengan sistem royalti.

"Andai saya tahu foto itu akan populer dan tahu jumlah komputer yang menggunakannya, saya pasti bakal bernegosiasi sebelum menyepakati harga. Kesepakatannya bukan berdasarkan royalti. Mereka hanya memberikan bayaran dan mengatakan bakal memasang fotonya di komputer," sambung Charles O'Rear.

Sepanjang karier sebagai fotografer, karya Charles O'Rear telah dimuat diberbagai media massa ternama Amerika Serikat, seperti Los Angeles Times dan National Geographic. Pria yang bergelut di dunia foto selama 36 tahun itu juga sering terlibat dalam proyek dokumentasi besar.

(ahl)

Berita Terkait

Kematian Windows XP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini