Bisa Main Game dari Generasi PS1 hingga PS4 di PS5?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 08 326 2015398 bisa-main-game-dari-generasi-ps1-hingga-ps4-di-ps5-MHz4mNvAOY.jpg Ilustrasi PlayStation (Foto: Esquire)

JAKARTA – Konsol PlayStation 5 memang sangat ditunggu-tunggu para penggemarnya. Terkini, beredar kabar PlayStation 5 bakal bisa menjalankan game dari generasi PS1 hingga PS4.

Dilansir dari laman Esquire, Minggu (10/2/2019), beredar dokumen paten dari Sony Interactive Entertainment bahwa PS5 memiliki teknologi impersonating CPUID for backward compability yang telah di publikasikan 31 Januari 2019.

Dokumen tersebut menggambarkan bagaimana konsol PS5 menjalankan game lawas dengan teknik emulasi. Game seolah dijalankan oleh konsol terdahulu misalnya cara “spoofing” yang menampilkan ID prosesor konsol game original.

PlayStation

Baca Juga: Apple Tarik Aplikasi yang Diam-Diam Rekam Layar dari App Store

Nantinya, PS5 diprediksi menggunakan prosesor (CPU) dan GPU dengan arsitektur yang terbaru dan lebih cepat dibanding pendahulu-pendahulunya. Keberadaan paten terbaru ini memungkinkan Sony sudah menemukan emulasi game PS3 di PS5, PS4, PS2, hingga di PS1.

Namun, paten tersebut bisa juga bukan emulasi game untuk konsol PlayStation generasi berikutnya. Sampai saat ini Sony belum memberikan konfirmasi tentang hal tersebut. Namun, emulator PS2 saat ini sudah tersedia untuk para pemilik PS4 di PlayStation Store.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini