Ramah Lingkungan, Sedotan Ini Dibuat dari Biji Alpukat

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 08 56 2015255 ramah-lingkungan-sedotan-ini-dibuat-dari-biji-alpukat-wx8klgHxkI.jpg Biofase, Sedotan dari Biji Alpukat (Foto: Livemint)

JAKARTA – Sampah plastik yang merusak lingkungan kerap menjadi masalah yang tak habis diperbincangkan. Ini dikarenakan plastik merupakan bahan yang membutuhkan waktu sangat lama untuk dapat terurai.

Terkini, banyak masyarakat yang mulai beralih ke peralatan makanan, seperti sedotan berbahan stainless.Menariknya, baru-baru ini perusahaan dari Meksiko telah membuat peralatan makanan ramah lingkungan dari biji alpukat.

Dilansir dari laman Livemint, Jumat (8/2/2019), perusahaan bernama Biofase baru saja merilis alat makan yakni sendok, garpu, pisau, dan sedotan yang berasal dari biji alpukat.

Teknologi plastik yang berasal dari alpukat mulai dikembangkan sejak 2012 oleh Scott Mungía, seorang mahasiswa teknik kimia yang mencari cara untuk memerangi polusi plastik. Mungia melakukan percobaan dengan biji manga dan alpukat. Ia telah melakukan pengujian selama satu setengah tahun untuk mengubah biji alpukat hingga pada 2013 proses ini dipatenkan oleh Mungia.

 

Baca Juga: Vivo V15 Pro dengan Kamera Pop Up 32MP Meluncur Februari 2019

Peralatan makan dari biji alpukat ini sangat ramah lingkungan. Meski sekali pakai, peralatan makan ini juga dapat terurai. Hanya membutukan waktu 240 hari saja setelah pemakaian dan terpapar dengan unsur lain atau terkubur di dalam tanah.

Proses penguraian akan lebih cepat dibanding botol plastik yang membutuhkan waktu 450 tahun untuk terurai dan kantong plastik membutuhkan waktu 10 hingga 1.000 tahun untuk rusak.

Dengan tim yang terdiri dari 14 karyawan, perusahaan Biofase sudah memproduksi 130 ton produk ini di pabrik Morelia setiap bulannya. Di November, perusahaan juga berencana untuk membuka pabrik dengan kapasitas produksi 700 ton per bulan. Peralatan makan Biofase ini sudah dapat dibeli secara online.

Biofase

Baca Juga: Xiaomi Patenkan Ponsel dengan 2 Lubang Kamera di Layar

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini