NASA Ungkap Gambar Baru Ultima Thule dengan Bentuk Datar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 17:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 56 2016451 nasa-ungkap-gambar-baru-ultima-thule-dengan-bentuk-datar-NWXXuK0YS8.jpg (Foto: News.cgtn)

JAKARTA - Awal tahun ini badan antariksa Amerika Serikat, NASA mengungkap bentuk dari Ultima Thule, objek luar angkasa yang menjadi sasaran penelitian. Sebelumnya, objek tersebut diduga berbentuk mirip 'manusia salju'.

Terkini, melalui pemantauan serta analisis, diketahui bahwa Ultima Thule memiliki bentuk datar, mirip pancake. "Akan lebih dekat dengan kenyataan untuk mengatakan bahwa bentuk Ultima Thule lebih datar, seperti pancake," kata Principal Investigator Alan Stern, seperti dikutip News.cgtn, Senin (11/2/2019).

Ia lebih lanjut mengatakan, gambar-gambar baru ini menciptakan teka-teki ilmiah tentang bagaimana benda semacam itu dapat terbentuk. Pihaknya belum pernah melihat sesuatu seperti ini yang mengorbit matahari.

 

Baca juga: NASA Ungkap Wujud Ultima Thule Mirip 'Manusia Salju'

Ia juga mengatakan, melihat lebih banyak data secara signifikan mengubah pandangan peneliti. Peneliti merangkai 14 gambar terbaru ke dalam film pendek.

Para ilmuwan New Horizons mengonfirmasi bahwa dua bagian atau 'lobes' dari Ultima Thule tidak berbentuk bola. Lobus yang lebih besar, dijuluki "Ultima," lebih mirip pancake raksasa, dan lobus yang lebih kecil, dijuluki "Thule," berbentuk seperti 'dented walnut', menurut tim misi.

Ultima Thule kabarnya terletak sekira satu miliar mil di luar Pluto. Dengan jaraknya yang jauh, investigasi mengenai objek ini menjadi tidak mudah karena cukup gelap dan jauh dari matahari.

 

Baca juga: NASA Berencana Terbangkan Astronot ke Bulan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini