Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Xiaomi Angkat Bicara soal Smartphone dengan Fitur Lipat

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 57 2016790 xiaomi-angkat-bicara-soal-smartphone-dengan-fitur-lipat-r0GlQhDaU5.jpg Render Ponsel Lipat Xiaomi (Foto: Android Pit)

JAKARTA - Menjelang akhir 2018, Xiaomi dikabarkan telah mengembangkan ponsel lipatnya. Perusahaan asal China tersebut pun mulai memberikan bocoroan-bocoran ponsel pada Januari 2019.

Lin Bin, salah satu pendiri dan CEO Xiaomi, mengunggah sebuah video yang menunjukkan prototipe perangkat tersebut. Smartphone lipat besutan perusahaan asal China itu memukau semua orang dengan fitur khusus. Desainnya menunjukkan perangkat yang unik karena layar dapat dilipat dua kali.

Kemudian baru-baru ini, LetsGoDigital melaporkan bahwa Xiaomi telah menyatakan tanggapan yang lebih serius. Xiaomi mengungkapkan bahwa perangkat tersebut saat ini sedang diuji di laboratorium.

Untuk saat ini, hanya beberapa prototipe tersedia. Juru bicara Xiaomi juga kemudian menambahkan beberapa hal yang sangat penting pada smartphone lipat, yakni desain, mekanisme lipat dan antarmuka pengguna MIUI baru dikembangkan oleh Xiaomi sendiri.

Sementara itu layar lipat fleksibel dibuat oleh perusahaan pihak ketiga yang menjadi mitra Xiaomi.

"Smartphone lipat ganda adalah inovasi terbaru dari Xiaomi. Salah satu komponen utama ponsel ini, layar lipat fleksibel, dikembangkan bersama oleh Xiaomi dan mitra rantai pasokannya. Selain dari layar, desain, mekanisme lipat dan MIUI adaptasi dikembangkan secara independen oleh kami,” kata Xiaomi, seperti dilansir dari laman Android Pit, Selasa (12/2/2019).

Baca Juga: Apple Diam-Diam Patenkan Chipset Modem 5G?

Lebih lanjut dia juga mengklaim bahwa Xiaomi akan menjadi vendor pertama yang menghadirkan smartphone lipat ganda. Xiaomi juga, lanjut dia telah menaklukkan tantangan teknis yang ditimbulkan dalam tiga faktor bentuk yang berbeda lipat ganda, lipat tunggal, dan bentuk tablet.

“Sebelum menemukan solusi terbaik, Xiaomi telah melakukan penelitian yang luas dan percobaan untuk mengembangkan mekanisme lipat yang kuat yang akan memungkinkan layar fleksibel untuk menahan tekanan mekanis,” imbuh pihak Xiaomi.

Dia menambahkan, "Setiap inovasi adalah hasil dari upaya R&D bersama dan kumulatif dari mitra rantai suplai dan produsen perangkat. Adalah keliru jika berpikir layar lipat dapat dengan mudah diubah menjadi smartphone lipat tanpa terobosan signifikan dalam teknologi".

Menurutnya, setiap segmen rantai industri memiliki kontribusinya yang unik. Xiaomi percaya bahwa produk inovatif dan pengalaman pengguna yang luar biasa dimungkinkan dengan kolaborasi dan partisipasi yang baik dari semua pihak.

Lebih lanjut, pada 24 Februari, sehari sebelum dimulainya MWC 2019, Xiaomi akan mengadakan konferensi pers untuk mengungkap smartphone 5G pertama perusahaan.

Ini adalah varian 5G dari Xiaomi Mi Mix 3 yang sudah dikenal diluncurkan tahun lalu. Sehingga diharapkan juga smartphone lipat Xiaomi akan diperkenalkan dalam acara tersebut.

Smartphone

Baca Juga: EA Ingin Boyong Apex Legends ke Android dan iOS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini