Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Gambar Berformat PNG Berbahaya untuk Android

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 207 2017913 waspada-gambar-berformat-png-berbahaya-untuk-android-zGT1c4fByF.jpg (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

JAKARTA – Baru-baru ini Google mengungkapkan adanya kerentanan di sistem operasi besutannya, Android. Para pengguna dikabarkan diminta untuk lebih waspada jika menerima gambar berformat PNG.

Dilansir dari laman CSO Online, Kamis (14/2/2019), terdapat bug atau celah keamanan yang ditemukan para mitra Android yang dapat merusak sistem operasi Android mulai versi 7.0 Nougat hingga 9.0 Pie. Celah tersebut memungkinkan peretas menjalankan kode setelah pengguna menerima dan membuka gambar berformat PNG yang telah dirancang khusus untuk merusak sistem.

Nantinya, pengguna tidak akan sadar karena saat melihat gambar tersebut berarti membuka jalan bagi hacker untuk menyerang ponsel Anda dari jarak jauh.

 

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Algoritma untuk Fitur Status

“Kerentanan keamanan di dalam framework memungkinkan peretas menggunakan file PNG yang didesain menjalankan kode arbitrari untuk proses tertentu,” tulis Google dalam Android Security edisi Februari 2019.

Kode arbitrari sendiri adalah kode dalam sistem keamanan komputer yang memiliki kemampuan peretas ke perangkat yang ditargetkan. Eksekusi kode ini dapat mempengaruhi beberapa bagian dalam sistem operasi, seperti pustaka Android, sistem file, dan komponen Nvidia.

Meski begitu, Google belum memberikan penjelasan lebih rinci terkait masalah ini. “Kami belum mendapatkan laporan dari eksploitasi atau pelanggaran pengguna aktif akibat masalah ini,” klaim Google dalam laman BGR.

Kode penambal masalah keamanan ini telah dirilis ke repositori Android Open Source Project (AOSP). Sebaiknya, pengguna Android segera melakukan update setelah muncul notifikasi untuk memperkecil kemungkinan risiko celah keamanan ini.

 

Baca juga: 5 Cuitan Netizen Kocak Ramaikan Tagar #ValentineBukanBudayaKita

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini