Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wabah Rusa 'Zombie' Semakin Meluas, Apa Penyebabnya?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 15 56 2018610 wabah-rusa-zombie-semakin-meluas-apa-penyebabnya-7jbpmAOtYu.jpg (Foto: Usatoday)

JAKARTA - Sebuah wabah yang dikenal dengan Rusa Zombie diketahui menginfeksi sejumlah rusa ternak yang ada di Amerika. Kabarnya wabah itu semakin meluas ke beberapa wilayah.

Dilansir dari laman USA Today, ilmuwan yang tergabung dalam Centers for Desease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat telah memberikan peringatan kepada para peternak rusa. Karena wabah itu, setidaknya 251 kabupaten yang tersebar di negara bagian telah dilaporkan terkena wabah tersebut.

Parahnya, bukan hanya di Amerika Serikat saja, wabah tersebut telah menyebar ke dua provinsi yang ada di Kanada. Bahkan baru-baru ini ilmuwan juga menemukan wabah tersebut tersebar ke Norwegia dan Finlandia.

Wabah Rusa “Zombie” ini adalah istilah sederhana dari penyakit CWD (Chronic Wasting Disease). Disebut rusa zombie karena rusa yang terinfeksi akan bertingkah seperti zombie. Rusa akan berperilaku agresif, suka mengeluarkan air liur dan takut kepada makhluk lain.

Penyakit ini merupakan penyakit neurologis menular yang mempengaruhi sebagian besar rusa. “Penyakit ini tidak memiliki tindakan penyembuhan atau pencegahan. Jadi, jika seekor hewan terinfeksi, ia akan mati,” ujar Emily Wood, Direktur Eksekutif Federasi Satwa Liar Indiana.

Untungnya, penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur ini tidak berbahaya bagi manusia.

Namun, penyakit ini sangatlah buruk bagi pemelihara binatang ataupun peternak rusa. Sebab, Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat atau CDC mengatakan, “Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa beberapa primata non-manusia seperti monyet yang bersentuhan dengan darah atau otak hewan yang terinfeksi dapat menghadapi risiko”.

 

Baca juga: Setelah 15 Tahun, NASA Opportunity di Mars Resmi Pensiun

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini