Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Twitter Masih Simpan DM yang Sudah Dihapus Pengguna?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 18 207 2019546 twitter-masih-simpan-dm-yang-sudah-dihapus-pengguna-ZD6TMlHaRZ.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Selama ini warganet yang menghapus pesan langsung atau direct messages di Twitter mengira pesannya permanen terhapus. Nyatanya, menurut seorang peneliti, Twitter dikabarkan masih menyimpan arsip DM yang dihapus pengguna.

Dilansir dari laman Mashable, Senin (18/2/2019), sebuah laporan mengatakan jika pesan yang sudah terhapus di Twitter ternyata disimpan oleh platform tersebut. Pernyataan ini dilontarkan seorang peneliti keamanan, Karan Saini.

Dalam cuitannya ia mengatakan, “DM tidak pernah terhapus. Fitur arsip memungkinkan Anda melihat pesan yang sudah terhapus bahkan pesan dengan akun yang terkena suspend, diblokir atau tak aktif sekalipun," ujarnya.

Jadi, jika pengguna mempunyai akun Twitter yang sudah tidak aktif sejak bertahun-tahun lalu, kemungkinan DM dari akun tersebut tetap tersimpan di server Twitter.

 

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Diluncurkan

Hal ini bertentangan tentang pernyataan Twitter yang menyebutkan saat akun sudah dinonaktifkan, maka penggunanya cuma punya waktu singkat untuk mengakses informasi akun yang masih tersimpan, termasuk tweet.

Menanggapinya, Twitter belum mengakui kebenaran laporan tersebut. Namun, mereka mengatakan akan menelusuri lebih jauh klaim ini di ruang lingkup yang lebih besar. Jika benar, maka Twitter mempunyai masalah privasi yang sangat besar.

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Mirip Snapchat

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini