Situs Ini Ciptakan Wajah Palsu dengan Teknologi AI

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 16:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 18 207 2019641 situs-ini-ciptakan-wajah-palsu-dengan-teknologi-ai-8fGJS8c3ws.jpg (Foto: Theregister)

JAKARTA - Perkembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan cukup pesat membuat banyak perusahaan berlomba untuk memajukan teknologi komunikasi, kesehatan dan bidang lainnya. Terkini, terdapat situs untuk membuat wajah seseorang dengan teknologi AI.

Dilansir dari laman The Verge, Senin (18/2/2019), Philip Wang membuat situs yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membuat wajah palsu. Kabarnya situs ThisPersonDoesNotExist, dapat membuat wajah seseorang yang tidak mirip dengan siapapun di dunia.

Philip menggunakan sistem generative adversarial network yang pernah dirancang oleh NVIDIA. Wajah palsu itu sendiri dibuat dari kombinasi beberapa foto lalu meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan.

 

Baca juga: Belum Capai 1 Tahun Razer Game Store Ditutup, Ada Apa?

Meski foto yang dihasilkan belum sepenuhnya sempurna, dengan teknologi tersebut situs ini kabarnya mampu menghasilkan wajah palsu tiap 2 detik. Foto tersebut terlihat sangat nyata seperti wajah asli seseorang.

Nantinya, saat situs di-refresh akan menghasilkan wajah baru. “Setiap Anda menyegarkan situs, jaringan akan menghasilkan gambar wajah yang baru,” ujar Philip dalam postingan Facebook.

Teknologi yang sudah digunakan NVIDIA ini tak terbatas pada wajah. Beberapa bentuk lain juga sudah berhasil dicoba pada mobil, kucing, bahkan kamar tidur.

Baca juga: Perlukah Developer Bikin Aplikasi Pelacak Kerabat Perempuan?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini