Ini Cara Cek Konten Hoaks Menggunakan Google Tools

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 18 207 2019770 ini-cara-cek-konten-hoaks-menggunakan-google-tools-H2SYYSTejH.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Dengan maraknya internet saat ini, berita hoaks semakin menyebar di berbagai platform baik website ataupun media sosial. Menurut trainer dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Nurfahmi Budiarto hoaks atau berita bohong untuk diketahui terdapat dua hal yakni yang pertama misinformasi di mana berita salah yang dianggap benar dan disinformasi yang merupakan berita salah yang sengaja disebarkan.

Adapun beberapa macam misinformasi dan disinformasi di antaranya yakni satire atau parodi yang digunakan untuk lucu-lucuan namun berpotensi membodohi, kemudian misleading, konten aspal (asli tapi palsu), konten pabrikasi, konten tidak nyambung (judul dan berita beda), dan konten manipulatif.

Nurfahmi melanjutkan jika ada beberapa tips untuk terhindar dari berita hoaks yakni rajin verifikasi.

"Pertama verifikasi alamat situs dengan mengecek alamat situsnya. Kalau ragu riset dengan domainbigdata.com. Ada beberapa situs abal-abal yang cuma beralamat blogspot," kata dia dalam acara Google News Lab Workshop di Kantor Google, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut dia mengungkapkan untuk memperhatikan detail visual website dengan memperhatikan logo gambar. Pasalnya saat ini ada beberapa situs yang meniru beberapa situs media nasional (red:mainstream).

Kemudian, lanjut dia untuk mengecek situs yang diragukan juga dapat melihat iklan.

 

Baca juga: Situs Ini Ciptakan Wajah Palsu dengan Teknologi AI

"Hati-hati dengan website yang banyak iklannya. Media abal-abal selalu mencari klik untuk mendapatkan iklan. Kemudian cari informasi website atau cek about us, media abal-abal selalu anonim, sesuai UU Pers yang berbadan hukum harus ada penanggungjawabnya. Lebih lanjut, untuk judul yang sensasional atau klikbait harus ditelusuri kebenarannya melakukan perbandingan dengan media mainstream," kata Nurfahmi.

Lebih lanjut dia juga menjelaskan ada beberapa tools sederhana di Google yang dapat digunakan untuk mengecek fakta, di antaranya menggunakan Google Reserve Image Search, tools ini dapat mengklarifikasi fakta suatu foto.

Seperti diketahui, belakangan ini marak beberapa oknum yang mengedit suatu foto dengan caption yang tak sesuai kejadian.

Tools ini dapat digunakan dengan meng-klik images.google.com kemudian upload foto mencurigakan yang telah disimpan terlebih dahulu di komputer.

Kemudian ada juga verifikasi lokasi menggunakan Google Maps, Google Map, Google Street View, dan Google Earth. Dalam hal ini seseorang dapat mencari detail suatu tempat dari tahun ke tahun menggunakan fitur Google.

 

Baca juga: Twitter Masih Simpan DM yang Sudah Dihapus Pengguna?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini