Supermoon Bisa Disaksikan di Indonesia, Waspada Pasang Air Laut

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 14:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 19 56 2020076 supermoon-bisa-disaksikan-di-indonesia-waspada-pasang-air-laut-alkhu0RSZN.jpg (Foto: Daily Express)

JAKARTA - Fenomena bulan purnama atau supermoon akan terlihat pada malam hari ini. Kabarnya, supermoon malam ini menjadi supermoon terbesar yang bisa diamati karena berada di titik terdekatnya dengan Bumi.

Bulan akan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi atau berada di posisi perige yakni 363.300 kilometer. Oleh karena berada di jarak terdekat dengan Bumi, maka bulan akan terlihat lebih besar.

"Supermoon adalah purnama terdekat sehingga ukurannya lebih besar daripada rata-rata. Namun awam sulit melihat perbedaannya kalau tidak dipotret dan dibandingkan dengan foto rata-ratanya," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin kepada Okezone, Selasa (19/2/2019).

Thomas mengungkapkan, supermoon sama dengan purnama biasa, terlihat mulai magrib sampai menjelang matahari terbit. "Seluruh dunia bisa melihatnya," katanya.

 

Baca juga: Fenomena Supermoon, Malam Ini Bulan Terlihat 14% Lebih Besar

Menurutnya, sama seperti purnama pada umumnya, pasang air laut yang disebabkan bulan diperkuat oleh matahari karena posisi yang hampir segaris. Posisi bulan yang terdekat dengan Bumi juga menambah efek pasang air laut.

"Dampaknya ketinggian pasang juga lebih tinggi dari rata-rata. Dalam kondisi normal, itu tidak berbahaya. Namun bila ditambah cuaca buruk yang memicu gelombang tinggi, pasang maksimum tersebut bisa menyebabkan banjir rob yang melimpas ke daratan lebih jauh," jelasnya.

 

Baca juga: Ketahui Asal Usul Istilah 'Unicorn' di Dunia Startup

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini