Daftar 3 Prosesor Mobile Berperforma Tinggi di 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 19 57 2020159 daftar-3-prosesor-mobile-berperforma-tinggi-di-2019-WmAVUWlth9.jpg Ilustrasi Qualcomm 855 (Foto: Android Pit)

JAKARTA - Qualcomm merupakan salah satu produsen teknologi yang berfokus dalam produksi prosesor. Namun beberapa vendor smartphone Android pun mulai mandiri membuat prosesornya sendiri, seperti Samsung dan Huawei. Apakah salah satu dari prosesor ini lebih baik daripada yang lain?

Sebelum hal tersebut terjawab, kali ini Okezone akan menjelaskan sedikit mengenai prosesor. Prosesor smartphone selalu datang sebagai sistem chip tunggal (SoC). Ini berarti bahwa beberapa jenis prosesor dilas menjadi satu silikon, yang secara signifikan memengaruhi kecepatan kerja smartphone.

SoC terdiri dari CPU, GPU, modem LTE, prosesor multimedia, keamanan, prosesor sinyal, akselerator AI dan sering juga unit untuk Bluetooth dan Wi-Fi.

Berikut ini beberapa prosesor terbaru yang disematkan untuk mendukung performa smartphone Android kelas atas yang dirilis pada paruh terakhir 2018 atau awal 2019, seperti dilansir dari laman Android Pit, Rabu (20/2/2019). 

 Qualcomm

Baca Juga: Nintendo Bikin Game Didukung Virtual Reality Tahun Ini?

Qualcomm Snapdragon 855

Qualcomm Snapdragon 855, prosesor terbaru milik Qualcomm ini memiliki pembaruan besar, seperti penyematan virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI) yang menjadi fokus pada prosesor. Chipset tidak hanya diharapkan di smartphone, tetapi juga di headset VR.

Belum ada ponsel dengan Snapdragon 855 yang dirilis, tetapi diharapkan beberapa ponsel flagship yang hadir di tahun ini akan menggunakan chipset tersebut.

Samsung Exynos 9810

S9

Exynos 9810 ini telah mendukung Galaxy S9 yang diluncurkan tahun lalu. Prosesor memiliki peningkatan biometrik serta peningkatan pengenalan wajah 3D. Prosesor milik Samsung memang mengambil pendekatan desain yang berbeda dengan Qualcomm dan Huawei. Namun kabarnya menjadi kurang dalam segi tolak ukur AI dan Deep Learning.

Baca Juga: Supermoon Bisa Disaksikan di Indonesia, Waspada Pasang Air Laut

HiSilicon Kirin 980

Mate 20

Dengan hadirnya Mate 20 Pro tahun lalu, Huawei resmi memperkenalkan ponsel pertamanya dengan chipset AI yang dikenal sebagai Kirin 980.

Chipset yang diluncurkan pada IFA 2018 di Berlin ini fokus terhadap AI. Selain itu, Kirin 980 juga merupakan SoC pertama di dunia yang diproduksi menggunakan proses 7nmk. Ini juga memiliki beberapa fitur AI besar yang menjanjikan kinerja lebih cepat dari sebelumnya, dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Fitur Stiker Stories untuk Donasi

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini