Menkominfo: Penguasaan Teknologi dan SDM Tingkatkan Kekayaan Indonesia di 2030

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 08:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 20 207 2020383 menkominfo-penguasaan-teknologi-dan-sdm-tingkatkan-kekayaan-indonesia-di-2030-Sb7FPZHmrf.jpeg Acara Pembukaan Rumah Robot Indonesia di Jakarta (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara optimis jika perekonomian Indonesia semakin maju kedepannya, terutama jika didukung dengan sumber daya manusia dan teknologi. Bahkan, menurut Rudiantara pada 2030 kekayaan Indonesia akan mencapai total kekayaan negara di ASEAN jika digabungkan.

"Tahun 2030 Indonesia akan ada dipuncak bonus demografi, artinya orang Indonesia yang usia produktif itu dua kali. Kedua ada consuming class yang meningkat. Ini membuat ekonomi Indonesia sama dengan negara ASEAN jika digabungkan. Jadi income per-kapitanya itu sudah masuk sekitar USD10 ribu per tahun," kata dia saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

 Menkominfo, Rudiantara

Baca Juga: Daftar 3 Prosesor Mobile Berperforma Tinggi di 2019

Dia menambahkan, "Ini hanya bisa terjadi jika kita menyiapkan sumber daya dari sekarang untuk bisa menjadi petarung di masa yang akan datang".

Lebih lanjut, penguasaan di bidang teknologi juga harus ditingkatkan. Seperti halnya robotik yang menggabungkan seluruh unsur teknologi revolusi industri keempat, yakni AI, IoT, Cloud Computing, dan Big Data Analityc.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini